Melimpah Stok, Harga Garam Anjlok


Seorang petani garam sedang mengumpulkan hasil produksinya di tambak garam di daerah Juwana baru-baru ini.


PATI – Beberapa pekan terakhir, harga garam mengalami kemerosotan. Hal itu dipicu stok panen garam petani yang melimpah. Akibatknya kini petani banyak yang menimbun garamnya dan menunggu harga lebih stabil.
Hal itu diakui salah satu petani garam di Desa Genengmulyo Kecamatan Juwana Eko Sulistyo, 28. Eko menuturkan, saat ini harga garam dari petani untuk garam grosok hanya dihargai Rp 850 perkilogramnya. Sementara garam kristal yang sudah dicuci mencapai Rp 1.300 perkilogramnya. Harga itu diakui Eko belum stabil.
”Kalu hitungan kami harga yang stabil ya di kisaran Rp 1.500 perkilogram untuk garam grosok. Karena harganya masih rendah, untuk menghindari kerugian penjualan banyak petani garam di desa kami yang memilih untuk menimbun barang dulu. Namun ada sedikit yang terpaksa menjualnya,” terangnya. Jika melihat harga saat ini diakuinya belum bisa memeroleh untung dari produksu.
Lanjut Eko, naik turunnya harga jual garam diakuinya sebagai hal yang wajar saja. ”Akan tetapi dalam beberapa pekan ini harganya cenderung sangat merosot,” keluh Eko.
Tiga Kecamatan
Dari tiga kecamatan penghasil garam di Kabupaten Pati, yakni Kecamatan Juwana, Batangan dan Trangkil, diketahui rata-rata mengalami permasalahan yang sama. Harga garam perlahan terus mengalami penurunan.
“Bahkan di daerah Trangkil, malah sudah banyak perani garam yang sudah beralih menjadi petani tambak. Kalau di pikir-pikir memang lebih untuk petani tambak, tetapi modal yang dikeluarkan juga banyak. Kalau garam kan tidak terlalu menguras biaya dan perawatannya juga lebih mudah,” katanya.
Lebih lanjut, Eko berharap agar pemerintah bisa menstabilkan harga garam, sehingga para petani garam tidak rugi ketika sudah panen. Setidaknya, ada harga eceren terendah sebagai patokan penjualan apabila harganya menurun drastis. Apalagi di saat musim kemarau panjang seperti ini, kualitas garam lebih baik dari biasanya. (yan)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »