Nelayan Tenggelam Belum Ditemukan, Basarnas Terus Sisir Perairan Banyutowo

NIHIL : Tim SAR yang melakukan pencarian di sepanjang perairan Banyutowo belum bisa menemukan korban nelayan yang tenggelam



PATI – Pencarian seorang nelayan yang hilang di perairan Banyutowo Kecamatan Cluwak belum menemui hasil hingga Minggu (16/9/2018) kemarin. Meski, pencarian tersebut telah melibatkan dua regu Tim SAR yang dibantu dibantu delapan kapal nelayan lokal. Rencananya, relawan dari Basarnas, akan mencari korban hingga tujuh hari kedepan.
Pencarian dilakukan di wilayah 3 mil dari bibir pantai Banyutowo oleh dua unit perahu karet. Sementara pencarian di wilayah 15 mil hingga 20 mil dari bibir pantai dilakukan nelayan setempat dengan mengerahkan 6 kapal cantrang.
Hal itu mengingat pencarian untuk menjangkau titik tenggelamnya korban yang berada di wilayah 15 mil, perahu karet yang dimiliki Basarnas tak mampu menjangkaunya.
Seperti diketahui sebelumnya, musibah kapal tenggelam menimpa kapal cantrang Nusantara dengan bobot 10 GT milik Sobat, warga Desa Banyutowo pada Sabtu (15/9/2018) sekitar pukul 06.30, kapal tersebut sedang mencari cumi-cumi. Saat mulai menebar jaring, kapal tiba-tiba dihantam ombak setinggi 1,5 meter. Kapal koyak dan tenggelam, 9 nelayan tenggelam, 8 bisa diselamatkan, sedangkan satu nelayan atas nama Surip, 50, warga Desa Dukuhseti hilang.
Pencarian sendiri dilakukan siang malam. Endra Prasetya, Kordinator Basarnas Jawa Tengah wilayah Jepara menyebut, pihaknya akan berusaha melakukan pencarian hingga sepekan kedepan. ”Kami akan berusaha terus mencari korban,” kata Endra yang memimpin pencarian.
Meski, terpaan angin dan ombak di perairan tengah saat ini tak menentu, namun pihaknya tetap berharap korban ditemukan dalam kondisi selamat. Keluarga dan warga sekitar di dermaga Pantai Banyutowo juga masih sabar menunggu kabar pencarian korban.
Pencarian korban sendiri mengalami sejumlah kendala, diantaranya seperti ombak yang besar, dan juga titik lokasi tenggelam yang berada di laut dalam. (pur)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »