Deklarasi Damai Pemilu, Antisipasi Info Hoax




PATI – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pati menggelar deklarasi damai Pemilu 2019 pagi kemarin Sabtu (6/10/2018) di halaman parkir Plaza Pragolo. Deklarasi ini dilakukan sebagai upaya menangkal info-info hoax menjelang pemilu, yang dikhawatirkan dapat mencederai penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan ini.
Koordinator Sekretariat Bawaslu, Ahmada menjelaskan, bahwa Bawaslu sebagai bagian dari penyelenggaraan Pemilu 2019 baik legislatif maupun pemilihan presiden, mendapat tanggung jawab mewujudkan terselenggaranya pesta demokrasi yang bersih.
”Kami harapkan dengan adanya kegiatan deklarasi damai ini, merupakan bukti dari kesiapan penyelenggara pemilu untuk menyongsong pelaksanaan Pemilu 2019 yang benar-benar damai. Dan dijauhkan dari aksi-aksi penyebaran info hoax terutama saat kampanye,” paparnya. Kegiatan ini sendiri dilandaskan berdasarkan Undang-undang Nomor7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, dan juga Peraturan Bawaslu Nomor 28 tahun 2018 tentang kampanye.
Kegiatan deklarasi damai ini dihadiri oleh perwakilan partai politik peserta pemilu, dan juga bupati, dan wakil bupati serta forkopimda.
Damai
Bupati Pati Haryanto usai ikut membubuhkan tanda tangan, meminta kepada masyarakat Kabupaten Pati tetap tenang dan cermat dalam menyambut pesta demokrasi itu. ”Intinya lebih selektif memahami setiap informasi. Yang sudah-sudah, biasanya masyarakat banyak menelan informasi secara mentah. Ini yang harus dihindari,” jelas bupati.
Lebih lanjut, bupati menegaskan, agar Pemilu 2019 nanti dapat berjalan dengan baik, setidaknya ada empat komponen yang harus dipenuhi. Yakni mulai dari KPU dan jajarannya, Bawaslu, partai politik, dan calon legislatif.
”Gesekan yang sering kami lihat adalah gesekan antar calon yang masih satu partai. Karena di satu dapil nanti akan terjadi perlombaan sebab mereka akan berlomba untuk mendapat suara terbanyak. Ini yang harus diperhatikan,” ujarnya.
Oleh karena itu, bupati mengimbau agar para penyelenggara dan peserta harus proporsional serta profesional dalam menjalankan tanggung jawab. Meski saat ini masih belum ada permasalahan, tetapi kejadian yang tidak diinginkan setidaknya harus bisa diantisipasi. (yan)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »