MA Darul Falah Sirahan Terjunkan Siswanya Mengabdi di Masyarakat

Siswi MA Darul Falah Sirahan sedang mengajar di sebuah madrasah di Kabupaten Jepara



PATI – Ratusan siswa-siswi kelas XII MA Darul Falah Sirahan dilepas untuk melakukan pengabdian di masyarakat. Mereka akan mendapat ujian untuk memimpin kegiatan keagamaan secara nyata di tengah masyarakat desa.
Kegiatan keagamaan tersebut adalah pratik menjadi bilal dan khotbah salat jumat untuk siswa. Sedangkan siswi akan pratik menjadi MC, imam tahlil, hingga mauidhoh hasanah dalam sebuah acara ibu-ibu seperti kegiatan muslimatan.
Kepala MA Darul Falah Sirahan Muhlisin melaui Waka Kurikulum Jamaludin Umar mengungkapkan, kegiatan tersebut memang sudah menjadi tradisi bagi kelas XII sebelum menamatkan pendidikan di madrasah. Hal itu dikatakannya sebagai salah satu uji mental membentuk kepribadian lulusan madrasah salam ini.
Masuk Kurikulum
Selain itu pratik keagamaan itu juga sudah menjadi kurikulum, yang dituangkan dalam buku Kompetensi Dasar Ubudiyah (KDU). ”Ya memang salah salah satunya untuk menunaikan tugas menyelesaikan KDU tersebut,” jelas pengasuh pondok pesantren Nurul Huda ini.
Lanjut Jamal, dengan kegiatan praktik tersebut akan menjadikan anak didik menjadi pribadi yang bertanggung jawab, dan tentunya berani tampil di depan masyarakat sebagai seorang lulusan madrasah yang telah ditempa dengan ilmu agama.
Selain praktik di masyarakat, kelas XII juga diterjunkan untuk pratik mengajar di sekolah-sekolah yang telah menjalin kerjasama. Total ada 12 madrasah ibtidaiyah yang akan menjadi lokasi pratik mengajar madrasah yang terletak di Desa Sirahan Kecamatan Cluwak ini.
Madrasah-madrasah itu tersebar di daerah Jepara dan Pati. Sama halnya dengan praktik keagamaan di masyarakat desa. Tahun ini ada 155 siswa - siswi yang diterjun. Mulai pekan ini hingga 30 November mendatang. (mil)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »