Jadi Manusia Berguna dari Pramuka




Dalif Rodliyatul Ghurrok punya pengalaman berharga saat mengikuti berbagai kegiatan pramuka. Perempuan yang sekarang menjadi Ketua Dewan Racana Putri IAIN Kudus ini belajar menjadi manusia yang berguna dalam kegiatan-kegiatan yang sering diikutinya.
Salah satunya tentang kepedulian, kata Dalif, baik terhadap sesama maupun lingkungan sekitar. Dalif mengingat itu saat mengikuti sebuah kemah beberapa waktu lalu. ”Saat sedang kegiatan di luar, pernah hujan lebat tiba-tiba turun. Air menggenang. Selokan penuh. Hingga mengakibatkan seorang pengendara sepeda motor sampai terjatuh,” jelas perempuan kelahiran Pati, 31 Januari 1996 ini.
Bagi Dalif, sikap kepedulian secara reflek tersebut sudah menjadi kebiasaan dalam kegiatan pramuka. Apalagi jika berkegiatan pramuka sejak lama. Seperti Dalif yang sudah aktif di kegiatan pramuka sejak SD hingga di perguruan tinggi.
”Ya memang reflek saja. Jika melihat hal-hal seperti itu. Kepedulian terhadap sesama memang ditumbuhkan dalam kegiatan pramuka. Sebagaimana kita mengenal istilah jiwa korsa,” papar mahasiswa Bimbingan Konseling Islam ini.
Hal itu bagi Dalif memang sudah lumrah dalam kegiatan pramuka. Selain itu banyak hal lainnya yang juga didapat dari kegiatan pramuka. ”Misalnya nilai-nilai persaudaraan,” imbuh perempuan yang sering mewakili pramuka IAIN Kudus di berbagai kegiatan pramuka seperti PW PTKIN tingkat nasional di Riau, Perkemahan Bela Negara di Blora, dan masih banyak lainnya. (mil)   
   

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »