Jepara Kali Keempat Terima Penghargaan Penyelesaian Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan Aparat Pengawas Internal


DOKUMEN PEMKAB JEPARA


JEPARA -  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara patut berbangga diri.  Untuk kali keempat, Pemkab Jepara menerima penghargaan sebagai pemerintah/kota dengan penyelesaian tindak lanjut hasil pemeriksaan aparat pengawas internal pemerintah Provinsi Jawa Tengah terbaik 2018.
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyerahkan langsung anugerah tersebut di The Alana Hotel & Convention Center Selasa (23/10) lalu. Penghargaan ini diterima Bupati Jepara yang diwakili oleh Inspektur Kabupaten Jepara, Sururi.
Kabupaten Jepara sendiri menjadi satu dari lima kabupaten di Jawa Tengah yang berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. Bagi Pemkab Jepara, ini menjadi kali keempat raihan prestasi itu setelah pada 2014, 2015 dan 2016 mendapatkan prestasi yang sama.
Terkait prestasi ini Inspektur Kabupaten Jepara Sururi didampingi Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan Inspektorat Kabupaten Jepara M Ajib Ghufron mengatakan, setiap tahunnya Inspektorat Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Gelar Pengawasan Daerah. Dalam gelar tersebut, ada pemberian penghargaan bagi kabupaten/kota yang dinilai melakukan tindak lanjut hasil pemeriksaan aparat pengawas internal pemerintah Provinsi Jawa Tengah terbaik. ”Jadi sebelumnya Inspektorat Provinsi Jawa Tengah telah melakukan pembahasan tindak lanjut selama dua semester. Itu untuk menentukan mana yang terbaik dalam menindaklanjuti rekomendasi hasil pemeriksaan,” katanya
10 Temuan
Untuk tahun ini, Pemkab Jepara menindaklanjuti sekitar 10 temuan dengan hampir 30 rekomendasi hasil pemeriksaan dari Inspektorat Provinsi Jawa Tengah. Temuan itu di antaranya terkait bantuan keuangan provinsi di Dinas PUPR Jepara dan Disdikpora Jepara. ”Temuannya ada sekitar 10, kami menindaklanjutinya per rekomendasi,” ungkapnya.
Tindak lanjut itu dilakukan kurang dari 60 hari sebagaimana ketentuan dari provinsi. Selain itu, tindak lanjut juga diinput di aplikasi sistem informasi manajemen hasil pengawasan Provinsi Jawa Tengah. Tindak lanjut itu dilakukan oleh subbag evaluasi dan pelaporan di Inspektorat Kabupaten Jepara. ”Tidak hanya melakukan tindak lanjut, tetapi melakukannya dalam waktu yang singkat kurang dari 60 hari itu,” tuturnya.
Ke depan setelah berhasil meraih penghargaan ini, Sururi menyatakan, pihaknya akan berupata melanjutkan kegiatan yang dinilai baik ini. ”Karena kabupaten lainnya juga berlomba-lomba untuk meningkatkan kinerja dan ingin mendapatkan penghargaan sebagaimana yang kita raih,” pungkasnya. (has)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »