Komite Seni Budaya Nusantara Jepara Dikukuhkan, Jadi Harapan Kemajuan Kebudayaan



JEPARA – Wakil Bupati Jepara, Dian Kristiandi dilantik menjadi Ketua Umum Komite Seni Budaya Nusantara (KSBN) Kabupaten Jepara, Jumat (2/11/2018) di Pendapa Kabupaten Jepara. Dian dilantik langsung oleh Ketua Harian KSBN Jawa Tengah Teguh Supriyanto.
Setelah Komite Seni Budaya Nusantara itu dibentuk, diharapkan bisa menjadi jalan kemajuan seni budaya di Kabupaten Jepara. Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, mengatakan, setelah pelantikan tersebut, agar segera menyusun program pengembangan seni dan budaya, serta bekerjasama dengan organisasi yang sudah ada.
Seperti Dewan Kesenian Daerah (DKD), persatuan Perdalangan Indonesia (Pepadi), Forum Koordinasi Media Tradisional (FK Metra) Paguyuban Pengrajin Ukir, kelompok seni musik tradisional dan kelompok-kelompok lainnya dalam mengembangkan, melestarikan, dan Kearifan Kabupaten Jepara sebagai bagian dari budaya nasional.
Mengingat seni dan budaya merupakan potensi yang harus dikembangkan, guna mendukung pariwisata nasional, dan mampu bersaing di kanca internasional. “Menghadapi era globalisasi dan modernisasi diperlukan kerja keras untuk mengembangkan seni dan budaya nusantara, supaya tidak terkikis atau terpinggirkan ,” kata bupati. 
Maju Bersama
Sementara itu Ketua Harian KSBN Teguh Supriyanto mengucapkan terimakasih atas terbentuknya KSBN Kabupaten Jepara, selain itu dengan terbentuknya KSBN kabupaten/ kota di Jawa Tengah diharapkan agar KSBN kabupaten dan provinsi bisa bersama-sama untuk memajukan kebudayaan. Seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undan Nomor 5 Tahun 2017 tentang pemajuan Kebudayaan. ada empat hal yang harus diutamakan dalam memajukan kebudayaan, meliputi perlindungan dan pelestarian , pengembangan, pemanfaatan budaya, dan pembenahan. (yan)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »