Masih Terjadi Kekeringan Di Pati, Koramil Jakenan Beri Bantuan Air Bersih

Warga di beberapa desa di Kecamatan Jakenan mendapatkan bantuan air bersih oleh Koramil Jakenan



PATI – Meskipun hujan telah beberapa kali turun, beberapa wilayah di Kabupaten Pati masih merasakan dampak musim kemarau berkepanjangan. Kekeringan masih melanda. Diantaranya di Kecamatan Jakenan, empat desa digelontor bantuan air bersih baru-baru ini oleh Koramil 05/Jakenan.
Keempat desa tersebut adalah Desa Sendangsoko, Sonorejo, Tlogorejo dan Tambahmulyo. Bantuan air tersebut digunakan untuk kebutuhan-sehari-hari. Terutama kebutuhan minum.
Kodim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan melalui Danramil 05/Jakenan Kapten Kav Sukandar mengungkapkan, kegiatan bakti sosial pemberian bantuan air bersih ini dilakukan untuk kepedulian anggotanya terhadap masyarakat sekitar.
”Meskipun sudah mulai turun hujan, namun di beberapa wilayah Kecamatan Jakenan, air masih sulit didapatkan masyarakat,” katanya.
  Pihaknya mengaku, sebelumnya mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa masyarakat masih kekurangan air bersih. ”Kami tindaklanjuti masukan dari Babinsa dengan mengumpulkan dana swadaya dari anggota koramil untuk bisa menyalurkan air bersih kepada masyarakat di desa-desa binaan kami,” ujar
Rencananya bantuan air bersih sebanyak 10 tangki akan disalurkan ke desa-desa yang masih kekurangan air bersih secara bergiliran. Salah satu Babinsa di Desa Sendangsoko, Serda Sujadi di sela-sela pengiriman bantuan air bersih mengatakan, truk tangki air masing-masing berisi 5000 liter air bersih. Harapannya, bantuan ini digunakan untuk kebutuhan pokok, seperti memasak, minum dan mandi.
Salah satu warga Desa Sendangsoko, Sutono mengaku gembira setelah mendapatkan bantuan air bersih. Dirinya merasa terbantu dengan adanya bantuan air bersih ini. ”Meskipun beberapa kali sudah turun hujan, air tetap saja sulit didapatkan,” paparnya.
“Karakter tanah di desa kami memang mudah kekeringan. Kami berharap, bantuan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat karena benar-benar dibutuhkan. Di samping itu, kami juga berharap segera turun hujan kembali dan air bisa mudah didapatakan,” imbuh Sutono.
Dalam penyaluran bantuan air bersih tersebut, warga didampingi oleh Babinsa masing- masing desa. Sementara warga yang menerima bantuan tampak kegirangan, mereka menyambut bantuan air bersih dari prajurit TNI AD tersebut dengan membawa bebepara wadah air untuk menampung. (yan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »