Sepekan Disurati Temuan Diduga Makam Kuno di Pati Belum Diteliti Balai Arkeologi

Warga Dukuh Cacah Desa Sukoharjo Kecamatan Margorejo masih menggali bangunan diduga makam kuno



PATI – Penemuan struktur bangunan yang diduga sebagai makam kuno di Dukuh Cacah Desa Sukoharjo belum juga diteliti dari Balai Arkeologi Yogyakarta. Meskipun, surat resmi permohonan penelitian temuan benda yang dinilai bersejarah itu, telah dilayangkan oleh dinas terkait pada Kamis (1/11/2018). 
Hingga saat ini proses penggalian dan penataan terhadap penemuan bangunan masih dilakukan. Warga setempat dinilai sangat peduli dengan adanya temuan tersebut. Hal itu diungkapkan Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Pati Musalam Mas’ul, yang baru-baru ini melakukan kunjungan ke tempat tersebut.
Musalam menyebut, warga sekitar memang sangat antusias dengan temuan tersebut. Bahkan pemilik tanah yang ketempatan bangunan tersebut secara lisan telah merelakan sebidang tanahnya tersebut. ”Kini sedang membuat surat hibahnya saja. Serta di sekeliling bangunan tersebut, warga membuat pondasi untuk membikin pagar guna melindungi bangunan tersebut,” jelas politisi PKB ini.
Selain itu, warga juga berharap, supaya tim dari Balai Arkeologi bisa segera turun dan melakukan penelitian terhadap struktur bangunan yang diduga makam kuno tersebut. Seperti diketahui, bangunan tersebut tersusun dari tumpukan batu bata merah.
Bangunan yang tertimbun tanah sedalam satu meter itu diyakini warga sebagai makam dari Mbah Gamirah, yang merupakan tokoh daerah setempat. Hal itu berdasarkan penuturan juru kunci punden yang menjadi lokasi temuan bangunan tersebut. Meskipun cerita mengenai tokoh tersebut masih sama-samar. (yan)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »