Temuan Pelapis Lambung Kapal Diminati Perusahaan, Sayang Masih Banyak Kendala

Agung Kusuma Jaya diarak keliling Kecamatan Kayen usai pulang dari Brazil dan menggondol prestasi sebagai juara 3 di ajang olimpiade sains terapan


PATI - Prestasi Agung Kusuma Jaya, siswa SMA PGRI Kayen-Pati tak berhenti hanya di ajang olimpiade sains terapan saja di Brazil baru-baru ini. Namun, penemuan pelapis lambung kapal berbahan abu sekam padi ini mulai diminati sejumlah perusahaan.

Sayangnya, perusahaan-perusahaan yang datang menginginkan produk jadi pelapis lambung kapal tersebut. Hal itu diakui Kepala SMA PGRI 2 Kayen, Surata. ”Sejumlah perusahaan dari Jakarta dan Surabaya sudah banyak yang datang ke sekolah dan melihat pembuatan pelapis lambung kapal tersebut. Namun mereka menginginkan produk jadinya dari sini. Kalau seperti itu kan harus dibuat dalam skala besar, nah kendala kami disitu,” jelas Surata.
Usaha ekstra
Selain itu, kebutuhan SDM, maupun waktu produksi diakui butuh persiapan lebih matang lagi. Sedangkan untuk menyiapkan hal itu juga butuh usaha yang ekstra juga. Harapannya, lanjut Surata, perusahaan bisa membeli hasil penelitian itu dan dikembangkannya sendiri secara massal oleh perusahaan yang berminat tersebut. ”Ya sayangnya perusahaan maunya masih instan, ingin membeli produk jadinya,” kata Surata.

Seperti diketahui, SMA PGRI 2 Kayen menjadi salah satu sekolah pinggiran kota yang mencuri perhatian melalui bidang penelitiannya. Selain pelapis lambung kapal, sebelumnya berbagai penelitian juga sering dilakukan. Selain menyabet penghargaan, penelitian ini juga diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat secara langsung. (yan) 

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »