Daftar Nama-nama Kecamatan di Kabupaten Pati

Patung kuda di Jalan Panglima Sudirman Pati

Kabupaten Pati yang terletak di Provinsi Jawa Tengah memiliki 21 kecamatan. Berikut daftar nama-nama kecamatan di Kabupaten Pati lengkap dengan gambaran sekilas mengenai geografi masing-masing kecamatan di Kabupaten Pati ini.
1.       Kecamatan Pati. Kecamatan ini merupakan ibu kota Kabupaten Pati. Letaknya di tengah-tengah wilayah Kabupaten Pati yang terdiri dari wilayah pesisir dan juga pegunungan.
2.       Kecamatan Batangan. Terletak di ujung timur wilayah Kabupaten Pati. Kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Rembang.
3.       Kecamatan Juwana. Kecamatan ini berada diantara kecamatan Pati, Batangan, dan Wedarijaksa. Kecamatan ini memiliki wilayah pesisir sama dengan Kecamatan Batangan. Juwana terkenal dengan kuningan dan hasil perikanan tangkapnya. Di banding, Pati, Juwana malah lebih dikenal di luar Kabupaten Pati.
4.       Kecamatan Wedarijaksa. Kecamatan ini saat ini terkenal dengan sentra industri kecil memengah pembuatan sepatu kulit. Adanya di Desa Suwaduk.
5.       Kecamatan Tlogowungu. Kecamatan ini berada di lereng Pegunungan Muria. Banyak petani kopi di kecamatan ini. Termasuk kopi-kopi hasil perkebunannya dikemas apik dan banyak dijual di luar daerah
6.       Kecamatan Gembong. Kecamatan ini juga berada di lereng Pegunungan Muria. Selain menghasilkan kopi, kecamatan ini sangat masyur dengan hasil Jeruk Pamelonya.
7.       Kecamatan Margorejo. Kalau kecamatan ini letaknya di jalur pantura. Banyak cafe, karaoke tentunya. 
8.       Kecamatan Cluwak. Kecamatan ini berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Jepara. Di kecamatan ini banyak tumbuh pohon durian. Tiap musim durian, Pasar Ngablak di kecamatan ini ramai dengan pedagang durian di pinggiran jalan.
9.       Kecamatan Tayu. Kecamatan ini berada di pesisir utara Pati. Di sini terkenal dengan hasil ikan nila salin. Bahkan budidaya ikan nila salin di kecamatan ini menjadi yang terbesar di Indonesia.
10.   Kecamatan Dukuhseti. Kecamatan ini juga bebrbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Jepara. Di sini orang akan ingat kepada Soimah dan juga kelapa kopyornya.
11.   Kecamatan Winong. Kecamatan ini menjadi salah satu kecamatan yang letaknya cukup jauh dari perkotaan. Namun kecamatan ini juga memiliki potensi wisata alamnya.
12.   Kecamatan Jaken. Kecamatan ini menjadi salah satu sentra pertanian bawang merah di Kabupaten Pati, selain Batangan, Wedarijaksa, dan juga Juwana.
13.   Kecamatan Jakenan. Ingat Jakenan, ingat grup ketoprak Wahyu Manggolo. Selain itu Jakenan juga merupakan tempat kelahiran salah mantan walikota Semarang yang fenomenal, Sukawi Sutarip. Dikutip dari wikipedia, Sukawi Sutarip lahir di Pati, 15 Januari 1951.
14.   Kecamatan Kayen. Kecamatan ini juga cukup unik. Banyak potensinya. Terutama wisata alam yang memanfaatkan wilayah Pegunungan Kendeng. Di Kayen juga ada tokoh fenomenal Syeh Jangkung alias Saridin.
15.   Kecamatan Trangkil. Ingat Trangkil, ya ingat PG Trangkil. Ingat Rudi Widodo, pesepakbola nasional asal Bumi Mina Tani selain Ribut Waidi.
16.   Kecamatan Sukolilo. Ingat Sukolilo. Ingat Pegunungan Kendeng. Ingat Sunan Prawoto. Ingat Gua Wareh. Banyak potensi di kecamatan ini. kecamatan yang berbatasan dengan Kudus dan Grobogan.
17.   Kecamatan Pucakwangi. Kecamatan ini menjadi salah satu wilayah paling pelosok di Kabupaten Pati. Kecamatan ini juga pernah menjadi saksi perjuangan tentara pelajar di wilayah Pegunungan Muria. Kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Blora.
18.   Kecamatan Gabus. Di kecamatan ini ada Desa Karaban. Karaban terkenal akan industri kapuknya.
19.   Kecamatan Margoyoso. Kecamatan Margoyoso adalah tempatnya Desa Kajen. Desa yang penuh dengan santri.
20.   Kecamatan Tambakromo. Ingat Kecamatan Tambakromo, pasti ingat akan sego tewelnya yang khas. Di samping itu, kecamatan ini juga pernah bergolak akibat rencana pendirian pabrik semen di wilayah kecamatan tersebut.
21.   Kecamatan Gunungwungkul. Di kecamatan ini terkenal dengan viharanya yang besar. Pemandangan di beberapa desa di kecamatan ini juga lumayan menarik.

Demikian nama-nama kecamatan di Kabupaten Pati. Di tulisan berikutnya redaksi akan mengulas lebih dalam mengenai kearifan lokal di masing-masing kecamatan di Kabupaten Pati. (hus)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »