Miliki Rasa Khas, Durian Cempolongan Desa Banjaran Bangsri Jadi Raja Durian Jepara Tahun 2018




Bupati Jepara dan wakilnya menikmati durian yang dipamerkan di Alun-alun Kabupaten Jepara Rabu (5/12/2018)

JEPARA
– Perlombaan buah durian kembali digelar pada tahun ini, tepatnya Rabu (5/12/2018) di Alun-alun Kabupaten Jepara. Tahun ini giliran Durian Cempolongan yang dinobatkan menjadi raja durian.  
Durian Cemplongan ini milik Miftakhussururi warga Desa Banjaran, Kecamatan Bangsri. Durian Cemplongan, berhasil mengalahkan durian milik Tugipah, Desa Pendosawalan dan durian milik Patui warga Desa Plajan Kecamatan Pakisaji, yang menempati peringkat II dan III. Durian Cemplongan ini, menjadi primadona karena rasanya yang enak dan khas, durian lokal.
Pemenang lomba durian Jepara tahun 2018
Miftakhussururi menceritakan, ia memiliki dua pohon durian yang dibelinya dari seorang pemilih pohon. Lokasi kebunnya berada di Desa Banjaran Kecamatan Bangsri yang sebelumnya satu desa dengan Banjaragung, sebelum menjadi desa tersendiri.
“Saya beli dua pohon. Saat itu usianya sudah lima tahun dan mulai berbuah. Saat ini usia pohon sudah sekitar 15 tahun lebih dengan diameter sekitar 40 sentimeter,” tutur Miftakhussururi usai menerima penghargaan oleh Bupati Jepara Ahmad Marzuqi di Alun-alun Jepara.
Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, bersama Wakil Bupati Dian Kristiandi, berkesempatan untuk mencicipi buah Durian Cemplongan ini. “Rasanya sangat enak, layak jadi juara durian tahun ini,” kata Marzuqi mengomentari cita rasa durian milik Miftakhussururi tersebut. (has) 


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »