Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Sasar Warga Kepulauan Karimunjawa



JEPARA - Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) pada tahun 2018, telah memberikan manfaat yang sangat besar kepada masyarakat di Kabupaten Jepara, bahkan hingga menyasar di Kepulauan Karimunjawa Kabupaten Jepara.
 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara telah berkomitmen untuk melakukan perbaikan secara bertahap, sehingga masyarakat di 20 desa dan kelurahan yang tersebar di 16 kecamatan, dapat terlayani dan menikmati sarana air bersih.
Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Disperkim), Ashar Ekanto, mengatakan, program ini dinilai sangat membantu masyarakat yang tinggal dipelosok, dengan level penyediaan air bersihnya, masih belum terjangkau oleh pelayanan air minum dari PDAM.  
Semua upaya tersebut, tidak terlepas dari keinginan bersama untuk mewujudkan target 100 persen akses air bersih, 0 persen kawasan kumuh dan 100 persen akses sanitasi layak secara menyeluruh pada tahun 2020.
Akses Air
“Untuk Kabupaten Jepara, akses air bersih telah mencapai angka sekitar 85 persen, sedangkan untuk kawasan kumuh mencapai angka sekitar 3 persen serta akses sanitasi layak sekitar 75 persen,” jelasnya saat melakukan pemeriksaan pekerjaan di Desa Karimunjawa dan Desa Nyamuk, pada akhir bulan November 2018 lalu.
Ashar Ekanto, berharap kepada seluruh masyarakat Jepara agar dapat memanfaatkan sarana dan prasarana proyek Pamsimas ini, karena pemeliharaan sarana tersebut merupakan salah satu upaya yang sangat penting bagi keberlanjutan program Pamsimas ditengah-tengah masyarakat.
Menurutnya, pelaksanaan operasional pemeliharaan sarana penyediaan air minum dan sanitasi harus terorganisasi dengan baik, agar keberlanjutan pelayanan, peningkatan cakupan dan pengembangan sarana air minum dan sanitasi, disamping untuk membantu, melindungi dan memenuhi hak masyarakat atas ketersediaan air minum.
“Mari sama-sama kita jaga apa yang telah ada dan dibangun oleh Pamsimas sejak tahun 2012 silam, sehingga keberadaannya benar-benar dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi kita semua,” kata dia. (hus)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »