Tekan Penularan, Komisi D DPRD Pati Siapkan Raperda Tentang TBC-HIV



PATI - Rancangan peraturan daerah (raperda) mengenai advokasi kebijakan TBC-HIV, disiapkan Komisi D DPRD Kabupaten Pati. Dalam hal ini, Komisi D bersama Aisyiyah melakukan kajian dan advokasi kebijakan masalah tersebut. Menurutnya, hal ini medesak dilakukan karena permasalahan pencegahan penyakit yang harus dilaksanakan secara maksimal di Pati selain HIV/AIDS adalah Tubercolosis (TBC).
“Pemerintah saat ini tengah mempersiapkan perda soal advokasi kebijakan TB-HIV, perkiraan akhir 2018 ini perbup terkait masalah tersebut bisa clear,” ungkap salah satu anggota komisi D DPRD Kabupaten Pati Endah Sri Wahyuningati.
Ning melanjutkan, beberapa pihak diminta dapat dengan segera melakukan review terhadap perbub tersebut karena direncanakan akan diinisiasi menjadi raperda dari legeslatif yang sudah masuk dalam usulan sidang paripurna beberapa waktu lalu. Ia berharap kerangka dasar untuk raperda itu bisa segera disetujui, sehingga bisa dilanjutkan pembahasan di tahun 2019.
”Ketika mekanismenya terpenuhi, maka bisa dilakukan pembahasan rekomendasi perbaikan terhadap peraturan itu agar lebih mendukung penanggulangan TBC. Seperti penganggaran dan bagaimana sistem rujukan ke depannya. Dan yang terpenting yakni membuang stigma negatif penyakit itu sendiri,” jelas perempuan yang juga menjadi pemerhati HIV/Aids itu.
Pihaknya sadar tidak mudah untuk melaksanakan upaya ini. Namun pihaknya berkomitmen untuk terus mendukung program penanggulanagn TB-HIV di Kabupaten Pati. Untuk itu, pihaknya butuh dorongan dan dukungan dari pemerintah, masyarakat, komunitas dan lintas sektor.
”Stigma negatif terhadap penyakit itu sendiri yang perlu diubah. Kami harap pera penderita nantinya dapat mandiri. Artinya mereka memiliki kesadaran untuk melakukan peneymbuhan atas penyakit mereka. Bahkan mereka juga bisa menjadi duta yang dapat memberikan motivasi kepada penderita yang sama agar bisa terus semangat untuk sembuh,” tandasnya. (yan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »