159 Desa di Pati Sepakat Kumpulkan Modal Usaha Rp 5 Miliar Lebih


Bupati Haryanto bersama jajaran direksi

PATI – Sebanyak 159 desa di Kabupaten Pati telah sepakat membentuk sebuah perusahan bersama. Dari sekian desa tersebut, telah terkumpul modal sebesar Rp 5 miliar. Pagi kemarin di Ruang Penjawi Setda Pati dilakukan penandatanganan akta PT Mitra Desa Pati dan PT Maju Sejahtera Berdikari sekaligus kerjasama dengan PT Mitra Bumdes Nusantara.
Usaha bersama ini direncanakan akan mengelola setidaknya 13 bidang usaha. Namun yang dudah difokuskan dalam waktu dekat ini adalah pengelolaan distribusi pupuk petani. ”Ada banyak bidang usaha, sekarang baru fokus untuk distribusi pupuk. Teknis-teknis lainnya dalam pengelolaan perusahaan ini akan dibahas lebih lanjut,” jelas Bupati Haryanto usai memberikan sambutan.
Desa-desa yang bergabung menyetorkan modal yang berbeda, ada yang Rp 20 juta ada pula Rp 50 juta. Modal yang terkumpul ini akan dibuat usaha yang keuntungannya kembali ke desa. ”Sistemnya ya seperti ketika Pemkab Pati menyetorkan modal misalnya penyertaan modal kepada Bank Jateng,” lanjut Bupati Haryanto.
Dengan adanya program seperti ini, kata bupati, akan memberikan keuntungan kepada desa yang berkelanjutan. ”Kalau dana-dana misalnya dana desa hanya dipergunakan untuk sebatas infrastruktur saja itu gampang, tinggal perencanaa, pelaksanaan. Tetapi ini digunakan untuk modal usaha bersama yang dikelola secara profesional. Dan tentunya akan turut mengembangkan perekonomian desa melalui keuntungan yang didapat. Setiap memulai usaha pasti kita yakini akan berhasil akan untung,” tegas bupati.
Jumlah 159 desa yang ikut tergabung dalam perusahaan bersama ini jika dilihat memang belum ada separuhnya dari seluruh desa di Kabupaten Pati, yang totalnya mencapai 401. ”Namun tidak mengapa masih ada desa yang belum ikut. Tetapi tidak menutup kemungkinan setelah program ini berhasil, kami tetap akan membuka kesempatan jika ada desa lain yang bergabung untuk patungan usaha ini,” jelasnya. (hus)




Share this

Related Posts

Previous
Next Post »