6 Persen Penduduk Jepara Lansia, Kontribusi Positif Masih Diharapkan

Wakil Bupati Dian Kristiandi memberikan selamat kepada para pengurus yang telah dilantik

JEPARA - Usia lanjut merupakan sebuah keniscayaan yang tidak bisa dihindari, serta tidak bisa ditolak. Karena semua orang akan mengalaminya, namun yang terpenting adalah bagaimana memanfaatkan usia tersebut agar bermanfaat bagi diri sendiri, keluarga dan lingkungan.
Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi menegaskan hal tersebut dalam acara rapat kerja dan pelantikan Pengurus Komisi Daerah Lanjut Usia Kabupaten Jepara masa bakti 2018-2021, di Gedung Shima Komplek Pendapa Kabupaten Jepara, Selasa (29/1/2019).
Dalam pelantikan tersebut, Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi menjabat sebagai ketua pengurus komisi daerah lanjut usia Kabupaten Jepara masa bakti 2018-2021.
Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Jepara Bambang Slamet Raharjo mengatakan, kegiatan ini untuk menyusun rencana kegiatan, dan mendukung kegiatan dalam memberdayakan kaum lansia tetap memiliki semangat hidup sehat, produktif, dan bermanfaat. Serta terwujudnya kemandirian dan kesejahteraan, “Kegiatan ini diikuti 60 peserta, meliputi petugas komda lansia, sekretaris masing-masing kecamatan yang ada di Jepara dan tamu undangan.” paparnya.
Wakil Bupati Jepara Dian Kristiandi saat memberi sambutan mengatakan, menjadi lansia merupakan sebuah kepastian atau kodrat, namun hendaklah mengisi hidup ini dengan hal-hal yang baik, sehingga tidat terjadi adanya lansia tanpa arti maupun prestasi. Meskipun dari segi usia sudah lanjut, tapi harus tetap memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekitar. “Jaga kesehatan bapak/ibu, baik psikis maupun fisik, cara terbaik agar tetap sehat yaitu dengan istirahat yang cukup, menjaga pola dan asupan makanan,” katanya.
Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas)tahun 2015, Indonesia memiliki lansia yang berusia 60 tahun keatas sekitar 8,43 persen dari seluruh penduduk indonesia atau sebanyak 21,5 jiwa, sedangkan jumlah lansia di Kabupaten Jepara sebanyak 69.170 jiwa, atau setara dengan 6,04 persen. (hus)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »