Bupati Haryanto Apresiasi Kesigapan PMI dalam Penanganan Bencana


 
Bupati Haryanto

PATI – Bupati Haryanto mengapresiasi kerja maksimal PMI, dalam rangka membantu kemanusiaan. Hal itu terlihat saat musim kemarau panjang yang lalu, relawan PMI terlibat aktif membantu di daerah-daerah terdampak.
”Selama ini, jika ada laporan dari masyarakat, terkait bencana, PMI juga selalu tanggap. Baik dalam mengirim bantuan maupun relawan,” kata Bupati Haryanto saat menghadiri Musyawarah Kerja Kabupaten (Muskerkab) PMI Kabupaten Pati di aula kantor PMI setempat pagi kemarin.
 Di samping itu, lanjut bupati, sekarang kegiatan PMI banyak diviralkan di media sosial yang berkaitan dengan kemanusian. Hal ini dilakukan agar masyarakat mengetahui bahwa PMI tidak hanya fokus pada kegiatan-kegiatan donor darah saja namun juga pada kegiatan-kegiatan sosial dan kemanusiaan yang lain. Misalnya ada bencana semacam gempa bumi, longsor dan bencana alam lainnya.
”Di PMI juga ada kegiatan amal bakti atau penggalanan dana yang dilaksanakan setiap tahunnya. Jumlah dana yang dikumpulkan itu tiap tahun meningkat. Ini menunjukkan kesadaran masyarakat Pati yang semakin meningkat dalam hal kemanusiaan,” papar Bupati Haryanto.
”Anggaran hasil penggalangan dana sudah tentu digunakan untuk bakti sosial, maupun kemanusiaan lainnya. Tidak ada, dan jangan sampai digunakan untuk perorangan. Selain itu, juga sudah ada klinik dan apotek yang mana sampai saat ini fasilitasnya selalu ditingkatkan demi pemenuhan kebutuhan masyarakat,” imbuh bupati.
Selanjutnya, Bupati Haryanto pun mengimbau kepada para pengurus serta relawan PMI agar selalu pro aktif ketika ada bencana, serta segera merespon bila ada aduan dari masyarakat. ”Kita itu berjuang demi kemanusiaan. Rugi waktu, rugi biaya dan tenaga itu sudah merupakan hal yang biasa. Jangan sampai berpikiran untuk mendapatkan keunungan. Ini demi kemanusiaan. Kesigapan dalam membantu kebencanaan harus ditingkatkan jajaran pengurus serta relawan PMI,” harap Bupati Haryanto. (has)





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »