Lihai Memasak Berkat Ibu


Enjang Agustria Widyasti


BERADA di lingkungan orang yang memiliki hobi masak membuat Enjang Agustria Widyasti lihai. Kini dia menguasai berbagai jenis masakan mulai kue hingga makanan.
Enjang – sapaan akrabnya – mengaku, sejak kecil kerap melihat ibunya memasak makanan ringan untuk dijual. Karena ibunya mempunyai usaha katering di rumahnya.
Dia pun mencoba memasak sendiri. “Awalnya bantuin memasukkan bumbu. Jadi tahu takaran bumbu dimasukan ke adonan seberapa banyaknya. Tak membutuhkan waktu lama latihan, saya memasak sendiri. Beberapa kali mencoba bumbu pas dan hasilnya enak,” kenangnya kemarin.
Gadis asal Jalan Kepodang III RSS Sambak Indah Purwodadi ini latihan otodidak. Selain melihat ibunya, dia kerap membeli buku resep masakan. Itu dimanfaatkan Enjang untuk menambah referensi. Sehingga dia bisa mengkreasi masakan.
Kini Enjang bisa membuat kue seperti brownis, tart, dan donat. Bahkan untuk masakan rumahan, seperti kare, bacem, penyet terong tempe, balado, sayur kuah, dan berbagai jenis gorengan sudah bisa.
“Khusus masakan Jawa. Kalau seafood atau makanan macem-macem yang berkiblat ke barat kurang suka. Karena ribet dan butuh bumbu susah dicari,” keluh mahasiswi Stikes Aisyiyah Surakarta ini.
Meski begitu, Enjang beberapakali mengalami kendala saat memasak. “Meski sudah kerap masak, tetap kesusahan. Misalnya, saat saya membuat donat yang harus menunggu lama agar bisa mengembang. Baru bisa dibuat bulat dan digoreng. Pernah pas digoreng jadinya keras kayak kue,” ungkapnya. (hus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »