Diberikan ke Siswa SMA, Jadi Bekal Bentengi Diri dari Radikalisasi


Mengupas Buku Islam Agama Cinta dan Damai karya PC ISNU Pati

Buku karya ISNU Kabupaten Pati

Sudah terang benderang. Kampus-kampus besar di kota memiliki basis pengkaderan organisasi keagamaan (Red, Islam) dengan paham eksklusif yang mengarah kepada gerakan radikalisme.
Sasarannya jelas. Mahasiswa-mahasiswa baru dari latar belakang pemahaman agama yang belum kuat. Dengan iming-iming kajian keagamaan di kampus-kampus biasanya mereka terjerumus dalam pusaran gerakan keagamaan yang eksklusif-ekstrimis-radikalis.
Dari sana keprihatinan bermula. Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Pati lantas menulis buku. Judulnya Islam Agama Cinta Damai, Upaya Menepis Radikalisme Beragama.
Ditulis lima kader intelektual NU. Diantaranya menjadi dosen di kampus islam, IAIN Kudus dan juga Ipmafa Pati. Buku setebal 76 halaman ini menyuguhkan prespektif islam yang ramah kepada pembaca.
Wakil Ketua PC NU Kabupaten Pati Achmad Choiron menyebut, buku kecil tersebut cukup penting bagi para pelajar. ”Makanya kami akan bagi kepada para pelajar tingkat SMA sederajat. Sebagai bekal pemahaman beragama yang tidak kaku, memahami islam sebagai ajaran cinta dan damai,” katanya di hadapan peserta bedah buku yang diluncurkan bersamaan dengan Konfercab ISNU di Ruang Penjawi Setda Pati kemarin.
”Kampus-kampus besar di kota sudah menjadi sarangnya. Maka harus disikapi dengan seksama. Dan ini penting bagi pelajar untuk memahami problem ini. Perlu digarisbawahi, anak-anak SMA rentan akan hal tersebut,” terang dosen IAIN Kudus ini.
Sepakat dengan Choiron, Ketua ISNU Pati, Ali Muhtarom, mengutip sebuah penelitian dari Litbang Agma Semarang mengungkapkan, adanya pemahaman dan sikap keagamaan siswa SMA negeri di Jawa Tengah yang bersifat radikal.
Radikalisme, kata Ali Muhtarom, tidak muncul secara tiba-tiba. Ada faktor yang memengaruhi dan mendorongnya muncul. Namun yang paling disoroti adalah kedangkalan pengetahuan agama. Misalnya, lemah pengetahuan tentang hakikat agama. (has)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »