Dikarantina Pemkab, Ini yang Didapat Para Kepala Desa Terpilih

Para kepala desa terpilih sedang berfoto bersama Bupati Haryanto


PATI – Sebanyak 61 kepala desa terpilih hasil pilkades serentak 2018 bakal menjalani karantina. Karantina dimulai 18 - 26 Februari di Hotel Pati. Dalam karantina itu, para kepala desa terpilih akan mendapatkan bimbingan teknik tentang sejumlah masalah di pemerintahan desa. 
Dalam mengikuti kegiatan bimtek tersebut para kepala desa terpilih itu dikarantina, untuk mendapatkan bekal memimpin desa selama satu periode mendatang. Sebelum dilantik oleh Bupati Haryanto pada 16 Maret nanti.
”Seorang kepala desa, dituntut agar mengetahui dan memahami segala hal tentang pemerintahan di desanya. Oleh karena itu pembekalan seperti ini wajib diikuti. Apalagi para kepala desa terpilih ini berasal dari latar belakang yang beragam. Namun, ketika menduduki jabatan kepala desa dituntut menguasai segala hal,” terang Bupati Haryanto memberikan pesan sebelum kegiatan pembekalan.
 ”Oleh karena itu, anda semua nanti akan mendapat pembekalan mulai dari pemerintahan, keuangan, hukum, kepemimpinan, dan banyak lagi materi yang menunjang sebagai kepala desa,” jelas Bupati Haryanto saat membuka bimtek di Pendapa Kabupaten Pati (18/2/2019).
Melalui pembekalan semacam itu, diharapkan bisa memberi bekal para kepala desa terpilih ini supaya siap menjalankan tugas-tugasnya. Misalnya ada permasalahan secara hukum juga bisa mengatasi.
”Jadi nanti 8 hari, akan menginap dan digembleng. Dan ini hukumnya wajib, karena nanti calon kades akan mendapat sertifikat. Kemudian 16 Maret nanti, akan dilantik,” tegas bupati.
Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Pati, Teguh Widyatmoko menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pelatihan bagi calon kades terpilih dalam melaksanakan penyelenggaraan sistem pemerintahan dalam desa.
”Tujuannya adalah untuk meningkatkan dan memperbarui pengetahuan tentang tata pemerintahan desa sesuai dengan aturan perundang-undangan yang baru. Khususnya bagi 20 kades yang telah terpilih kembali,” terangnya.
Dalam acara pembukaan Bimtek hari ini, turut hadir Forkompimda Kabupaten Pati serta OPD terkait. Dalam bimtek tersebut, akan di bimbing langsung oleh dinas - dinas terkait yang berkompeten dan selaras dengan tugas-tugas di desa. (pur)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »