Pekerja Difabel Dilibatkan Rakit 22.076 Kotak Suara Pemilu di Pati

Seorang pekerja difabel sedang merakit kotak suara di gudang KPU Desa Kutoharjo


PATI – KPU Kabupaten Pati mulai pagi kemarin merakit kotak suara untuk pemilu 2019. Jumlah kotak suara yang dirakit sebanyak 22.076, yang dikerjakan sebanyak 25 pekerja. Lima diantaranya, merupakan warga penyandang disabilitas.
Target pengerjaan perakitan kotak suara selesai dalam waktu 12 hari kerja. Perakitan kotak suara dilakukan di gudang KPU yang berada di Desa Kutoharjo depan RSUD Soewondo. Dipekerjakannya lima warga penyandang disabilitas, dianggap sebagai bentuk melibatkan segenap masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu.
”Ya kali ini kami mengajak teman-teman difabel untuk ikut dalam tahapan pemilu, melalui kegiatan merakit kotak suara ini,” kata Komisioner KPU Kabupaten Pati Supriyanto kemarin (12/2/2019).
Hal itu, kata Supriyanto, menjadi bagian dari upaya mewujudkan aksesibilitas penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Pati. Aksesibilitas tersebut erat dengan para penyandang disabilitas.
”Harapannya tingkat partisipasi para penyandang disabilitas ini meningkat. Karena penyelenggara terus menggandeng mereka sebagai bagian dari penyelenggaraan pemilu. Apalagi kami dengan mereka juga telah menjalin komunikasi yang baik,” terangnya.
Pekerjaan merakit kotak suara tersebut digarap dengan sistem borongan. Rp 800 per kotak suara. Per hari setiap pekerja ditarget mampu menyelesaikan 100 sampai 120 kotak suara. hal itu berdasarkan simulasi yang telah dilakukan oleh KPU Pati. Setiap kotak suara membutuhkan waktu maksimal 4 menit untuk dirakit. Sedangkan jam kerja berlangsung selama 7 jam. (hus)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »