Pemilu 2019 Pati Butuh 4.369 Pengawas TPS




PATI – Kebutuhan pengawas TPS di Kabupaten Pati mencapai 4369. Bawaslu membuka pendaftaran pengawas TPS sampai tanggal 10 Februari di sekretariat panwascam masing-masing kecamatan atau pengawas desa.
Kordinator Devisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia Bawaslu Kabupaten Pati, Karto menyebut, pembentukan pengawas TPS ini sejalan dan merupakan amanat dari UU Nomor 7 Tahun 2017.
Perekrutan pengawas TPS ini diatur dalam pasal 90 ayat 7. Disebutkan, pengawas TPS dibentuk paling lambat 23 hari sebelum pemungutan suara dan dibubarkan paling lambat 7 hari usai pemungutan suara.  
Terkait timeline dijelaskan-  pendaftaran dibuka 4 sampai 10 Februari 2019- masa perpanjangan 22-24 Februari 2019- pengumuman 8-12 Maret 2019- pelantikan dan bintek 25 Maret 2019


Untuk tugasnya, para pengawas TPS ini akab bekerja tidak hanya pada hari H pencoblosan. Sebelumnya, pengawas TPS juga dilibatkan dalam pengawasan kampanye. ”Nanti mereka dilantik 25 Maret dan akan dilibatkan juga dalam pengawasan-pengawasan kampanye yang dinilai melanggar. Termasuk menata identifikasi TPS yang dinilai rawan,” papar Karto.
”Dan yang terpenting juga pengawasan proses pencoblosan sampai penghitungan suara. Nanti mereka akan melaporkan apa saja kepada pengawas desa (PPD) yang diteruskan ke panwascam dan ke bawaslu. Sesuai urutannya,” imbuhnya.
Pendaftaran sendiri bisa dilakukan di panwascam atau pengawas desa. Rekrutmen pengawas nanti hanya menyerahkan formulir pendaftaran dan berkas dan langsung dilakukan wawancara. ”Wawancara dilakukan oleh panwascam, yang mempunyai wewenang. Dan dibantu oleh pengawas desa yang diberikan mandat oleh panwascam,” terang Karto.
Karto mengimbau, agar masyarakat yang memenuhi syarat untuk mendaftarkan diri   menjadi bagian pengawal demokrasi. Untuk terwujudnya pemilu yang bermartabat. (hus)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »