Rayakan Valentin dengan Kearifan Lokal, Sajikan Nasi Goreng Bumbu Spesial Kasih Sayang

Kencan valentin 


Jika biasanya valentin identik dengan coklat, sebuah kafe di Kota Pati memilih jalan lain. Menyambut hari yang disebut kasih sayang itu, mereka menyuguhkan menu spesial kuliner lokal. Nasi goreng berbentuk love dengan warna merah muda disiapkan untuk melengkapi perayaan cinta muda-mudi. Namanya nasi goreng kasih sayang.
Bangku-bangku di Kafe Up 2 Date di Jalan Pemuda itu penuh terisi. Kebanyakan yang duduk adalah muda-mudi. Mereka datang sepasang. Menjelang 14 Februari, kafe berkonsep muda, dan keluarga itu mengusung konsep hari valentin yang berbeda dari yang lain.
Sudut-sudut ruangan berhiaskan bunga-bunga. Nuansa romantis dan kehangatan kasih sayang sangat terasa. Selain tata ruang, menu khusus juga disiapkan spesial menyambut hari yang diyakini sebagai perayaan kasing sayang di seluruh dunia tersebut.
Menunya serba meriah. Dilihat dari warnanya. Merah. Ada nasi goreng, jus, pudding, sop, dan juga es krim. Nasi goreng dibentuk love. Warnanya merah agak muda. Cocok untuk merayakan hari kasih sayang bersama yang tersayang.
Dipilihnya nasi goreng sebagai menu spesial hari valentin bukan tiba-tiba apalagi kebetulan belaka. Ada konsep yang dipikirkan secara matang dan penuh perhitungan. ”Kami mengusung nasi goreng spesial ini tidak sembarangan. Ada maksud yang hendak kami angkat. Kuliner lokal. Dan nasi goreng sangat akrab dan mudah diterima lidah masyarakat Indonesia. Dimana saja,” kata Jessica Siswanto, owner Kafe Up 2 Date.
Nasi goreng spesial
Nasi goreng, kata Jessica dianggap mewakili kuliner lokal untuk diangkat dalam daftar menu kafe-kafe modern, seperti kafenya tersebut. ”Jadi tidak hanya menu western yang diunggalkan seperti steak beef. Lokal pun bisa menjadi primadona. Melalui sajian nasi goreng yang istimewa. Apalagi di momen hari valentin ini. Kami ingin membuat pengunjung terkesan,” imbuhnya.
Ineke, chef  Up 2 Date menyebut, menu nasi goreng kasih sayang bikinannya itu benar-benar spesial. Kiblatnya, kata Ineke, adalah nasi goreng makasar. Nasi goreng Makasar identik dengan sausnya.
”Warna merah itu kami ambil dari bagan saus khusus. Tidak bisa ditemukan di semua tempat. Itu resep khusus dari Makasar. Sausnya benar-benar khusus dari Makasar. Selain itu, menu-menu lain untuk memerahkan warna makanan kami menggunakan bahan alami. Tak ada pewarna makanan,” kata Ineke.
Herlina Istigfaroh, salah satu pengunjung memberikan jempol atas konsep perayan hari valentin yang berbeda ini. Konsep tersebut dianggap Vanessa cukup unik dan membikin penasaran. ”Namanya nasi goreng kasih sayang, penasaran dengan rasanya sih. Dan ternyata lumayan bagus. Jadi unik, karena biasanya valentin identik dengan menu coklat-coklatnya. Tapi di sini spesial dengan kuliner lokal yang modern. Ya sangat pas untuk dirayakan dengan pasangan,” kata Herlina sembari tersenyum malu-malu. (yan)  
     

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »