Wangi Sabun Ampas Kopi, Hilangkan Kantung Mata sampai Angkat Sel Kulit Mati

Tim KKN Undip di Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungwungkal


PATI - Ada-ada saja akal para mahasiswa KKN Universitas Diponegoro Semarang ini. Mereka membuat terobosan dengan memanfaatkan ampas kopi sebagai bahan utama, untuk membuat sabun, tentunya dengan bahan-bahan campuran lain.
Salah satu Tim KKN Undip, Wulanda Asseptia menjelaskan, temuan sabun kopi itu berawal dari usaha memaksimalkan potensi desa yang ditempatinya. Wulan bersama teman-temannya di tempatkan di posko Desa Sidomulyo Kecamatan Gunungwungkal. Tempat itu merupakan satu dari beberapa sentra kopi di Kabupaten Pati.
”Tidak hanya sebagai minuman, tetapi kami ingin memperkenalkan kopi dengan inovasi lain sebagai produk baru di Kecamatan Gunungwungkal,” kata Wulan saat menggelar expo di poskonya belum lama ini.
"Karena di sini banyak kopi, dan Kopi Jowo dari Sidomulyo merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia. Dengan itu kami ingin memaksimalkan potensi tersebut, yakni membuat sabun berbahan ampas kopi," jelasnya.
Mengenai bahan pembuatan sabun itu, lanjut Wulan, dirinyaa memanfaatkan ampas kopi murni yang belum tercampur gula. Bahan dari ampas kopi, esensial oil kopi, Vco, minyak zaitun, minyak sawit dan soda api.
Mahasiswa jurusan kimia tersebut berharap, agar inovasi baru ini nantinya mampu menembus pangsa pasar lokal. "Saat ini kami pasarkan lewat online sebagai langkah awal. Nantinya saya harap mampu menembus pangsa pasar yang lebih luas. Bekerjasama dengan produsen kopi Jowo Sidomulyo, saya yakin produk ini akan lebih dikenal, " imbuhnya.
Ragam produk sabun kopi
Selain itu, manfaat sabun kopi ini juga sangat tinggi bagi kesehatan kulit. Diantaranya bisa mengangkat sel-sel kulit yang mati. Pada siklus tertentu sel kulit akan mati dan digantikan oleh sel kulit yang baru. Sel-sel kulit mati ini dapat rontok sendiri namun ada juga yang mesti kita angkat secara manual diantaranya dengan cara membersihkan wajah dengan air atau menggunakan scrub. 
Jika tidak maka sel-sel kulit mati ini akan menumpuk sehingga membuat kulit terlihat kusam, kering, serta berjerawat. Sabun kopi merupakan salah satu produk kecantikan yang dapat digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit yang sudah mati sehingga kulit menjadi bersih dan bercahaya kembali.
Sabun berbahan kopi juga mampu menghilangkan kantung mata pada area wajah merupakan sesuatu yang cukup merusak penampilan. Meskipun wajah sudah oke namun kehadiran mata panda dapat merusak kecantikan wajah anda. Sabun kopi juga dapatdimanfaatkan untuk menghilangkan mata panda ini. Sabun kopi dapat memperbaiki dan memelihara kulit di bagian bawah mata yang sangat tipis sehingga anda terbebas dari kantung mata. (pur)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »