Bupati Haryanto Minta Camat Sisir Warga Miskin


Bupati Haryanto saat memberikan sambutan di acara forum perangkat daerah
PATI – Bupati Haryanto meminta para camat untuk memetakan secara tepat penduduk miskin di wilayahnya masing-masing. Hal itu dilakukan setelah mencermati angka kemiskinan Kabupaten Pati yang turun sampai 9,90 persen. Bupati menginginkan bisa cepat melakukan pengentasan kemiskinan secara tepat.
”Saya ingin kecamatan-kecamatan melakukan pendataan dan pemetaan, dari 9,90 persen itu ada berapa desa,” tegas Bupati Haryanto dalam acara Forum Perangkat Daerah di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati pagi kemarin (11/3/2019).
Melalui pemetaan yang dilakukan kecamatan secara langsung, lanjut bupati, diharapkan nantinya ada program-program pengentasan kemiskinan. Misalnya melalui program usaha mikro kecil menengah (UMKM), bedah rumah, dan program bantuan lainnya. ”tergantung kebutuhannya masing-masing,” kata bupati.
Baca juga : TPI Juwana Diwacanakan Jadi BLUD
Kegiatan forum perangkat daerah itu sendiri digelar dalam rangka penyelarasan program dan kegiatan rancangan kerja perangkat daerah Kabupaten Pati Tahun 2020. Bupati, wakil bupati, sekda, Ketua DPRD, kepala OPD, dan camat hadir dalam kegiatan tersebut.
”Ada dampak di angka kemiskinan, tingkat pengangguran, juga peningkatan ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat. Kalau kami perhatikan, menurunkan angka kemiskinan tidaklah mudah. Mulai dari tahun 2013 tingkat kemiskinan masih sebesar 14, 44 persen hingga saat ini menjadi 9,90 persen, itu bukanlah hal yang mudah, dan berbagai program telah kami lakukan untuk itu,” jelas bupati.
Program tersebut, lanjut bupati, seperti pembangunan infrastruktur, pemberdayaan, UMKM dan lain - lain. Seperti diketahui, pemberdayaan UMKM menjadi salah satu program prioritas Bupati Haryanto.
”Sehingga dengan berusaha semaksimal mungkin dengan melaksanakan program tersebut, angka kemiskinan dapat menurun, yakni sampai di bawah standar dari Provinsi Jawa Tengah, namun masih di atas tingkat nasional,” jelasnya. (alb)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »