Imam Suroso Turut Peduli Kesehatan Warga Pelosok Pati



Imam Suroso memberikan bantuan kacamata saat pengobatan gratis

PATI - Ratusan warga Desa Durensawit Kecamatan Kayen berkumpul di balai desa setempat untuk mengikuti pengobatan gratis, Selasa (13/3/2019) pagi. Pengobatan gratis tersebut merupakan hasil kerja sama antara RS Mitra Bangsa, Dulur Ganjar, dan Imam Suroso Center (ISC).

“Masyarakat pelosok desa seperti Desa Durensawit sudah seharusnya menjadi perhatian utama selain masyarakat perkotaaan. Terutama persoalan kesehatan,” ungkapnya saat mengikuti kegiatan tersebut.

Di hari yang sama, Imam juga menyempatkan diri mengunjungi seorang nenek-nenek bernama Saminah, warga dukuh Siroto yang mengidap gangguan pernapasan. Melihat kondisi nenek tersebut, ia berniat untuk membawanya ke rumah sakit supaya mendapatkan perawatan intensif.

Namun, ternyata Saminah tidak menerima tawaran tersebut dengan berbagai alasan. Padahal, ia hanya tinggal seorang diri di rumahnya yang sudah reot. Enam anaknya telah berkeluarga.

Imam Suroso menjenguk nenek yang sakit-sakitan 
“Nenek Saminah enggan dibawa ke rumah sakit. Dia tidak mau. Tapi kami berpesan kepada tetangga untuk menghubungi anak-anaknya yang paling dekat. Supaya nenek Saminah bisa dirujuk ke rumah sakit. Kami siap membantu, karena sangat memprihatinkan kondisinya,” imbuhnya.

Pasalnya, lanjut Imam, menurut salah satu dokter yang telah memeriksa nenek Saminah, penyakit yang diderita beresiko mengakibatkan kematian mendadak. Untuk sementara, dokter memberikan obat-obatan supaya kondisinya tidak semakin memburuk.

Merespon kegiatan pengobatan gratis, Didik Muryanto, Kepala Desa Durensawit berterima kasih kepada penyelenggara karena masyarakatnya sangat membutuhkan bantuan kesehatan. “Kami merasa sangat terbantu dengan kegiatan ini, mengingat bahwa kemi merupakan masyarakat kecil,” ujarnya.

Selaras dengan Didik, perwakilan Dulur Ganjar Pati, Sarkawi mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu aksi Dulur Ganjar yang berkaitan dengan kegiatan sosial maupun pemberdayaan. Pihaknya berniat untuk mengadakan kegiatan-kegiatan positif lain dengan menggandeng pihak manapun yang memiliki kesamaan visi Dulur Ganjar.

Dalam pengobatan tersebut, penyelenggara juga membagi-bagikan kacamata secara gratis bagi masyarakat setempat yang menderita gangguan pengelihatan. Hal itu dilakukan supaya masyarakat dapat melakukan aktivitas apapun tanpa kendala sedikitpun. (fmh)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »