Kemandirian Ekonomi dan Pendidikan Jadi Isu Konfercab NU Pati 2019




PATI – Konferensi Cabang (Konfercab) Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pati bakal berlangsung (7/2/2019) pekan depan. Acara reorganisasi itu bakal digelar di Pondok Pesantren Mamba’ul Ulum Pakis Kecamatan Tayu, dengan mengusung tema “Satu Abad Menuju Kemandirian NU”, dalam konferensi itu isu-isu penting bakal dibahas. Diantaranya soal kemandirian ekonomi dan pendidikan.
Ketua Konfercab PCNU 2019, Jamal Ma;mur Asmani mengungkapkan, selain membahas soal aqidah, fikrah, dan harakah, hingga politik kebangsaan, persoalan ekonomi dan pendidikan bakal mendapat perhatian di ajang konferensi tersebut.
Lazisnu misalnya, kata Jamal, memiliki potensi yang sangat besar. Tapi membutuhkan manajemen transparan dan akuntabel, dimana harus diisi sumber daya manusia yang profesional dan tentunya memiliki kualifikasi shidiq, amanah, tabligh, dan fathanah.
”Jika Lazisnu sukses, potensi di bidang yang lain akan lahir dengan sendirinya, seperti di Sragen. Lazisnu Sragen sukses, akhirnya berdirilah rumah sakit, minimarket, BMT NU, dan usaha-usaha produktif yang lain,” terang dosen di Ipmafa Pati ini dalam acara Pra Konfercab NU Pati belum lama ini.
Menuju Konfercab PC NU Pati 2019
Yang tak kalah penting juga, lanjut Jamal, adalah kemandirian pendidikan. Kemandirian pendidikan sangat tampak pada pesantren salaf yang diakomodir pemerintah dalam Pesantren Muadalah, Pendidikan Diniyah Formal, dan Ma'had Aly.
”Inilah kemandirian  pendidikan ala NU yang sangat khas. Sementara untuk pendidikan formal dibutuhkan transformasi fundamental yang sesuai dengan budaya bangsa dan nilai etis agama,” imbuhnya.
Disusul kemudian, orientasi hidup warga NU yang diwariskan para ulama adalah khidmatul ummah (melayani umat) sebagai manifestasi dari tanggungjawab agama.
”Orientasi horisontal yang membumi ini melahirkan mental kepeloporan, kewirausahaan, kreativitas, inovasi, kolaborasi, dan sinergi dengan elemen lembaga yang lain,” jelasnya. (yan)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »