Muhamad Susanto Guru Agama yang Gemar Bercerita

Muhamad Susanto saat mengajar anak didiknya di MTsN 2 Jepara belum lama ini

Bercerita Bikin Pelajaran Agama Gembira
Mengajar mata pelajaran agama di sekolahan mesti kreatif. Jika tidak, anak-anak akan mudah sekali bosan terhadap pelajaran. Sebab pelajaran agama biasanya sering disampaikan seperti orang berceramah.
Muhamad Susanto menyadari hal tersebut. Lulusan IAIN Kudus itu pun berusaha menyelipkan cerita-cerita sebelum memulai pokok bahasan pelajaran. Susanto mengajar mata pelajaran Aqidah Akhlak untuk kelas VIII MTsN 2 Jepara. Sebelumnya, Susanto juga pernah mengampu mata pelajaran Bahasa Arab. Selain itu juga pernah mengajar pelajaran komputer.
”Memang yang saya rasakan jika hanya monoton, mengajar pelajaran agama seperti Aqidah Aklak ini akan terjebak seperti pengajian-ceramah. Untuk porsi anak-anak hal tersebut akan sangat membosankan,” kata Susanto.
Makanya, sebelum memulai pelajaran, pria kelahiran Jepara, 6 Oktober I979 ini lebih banyak memakai cerita-cerita yang tentunya inspiratif, sekaigus masih nyambung dengan pokok bahasan.
Misalnya saat tiba pembahasan tentang sifat tamak. Bukan dalil-dalil yang akan disampaikan terlebih dulu. Tetapi Susanto, bercerita mengenai bagaimana sifat tama yang sangat merugikan diri sendiri, lengkap  dengan contoh kasusnya.
”Para siswa akan gembira dengan cara itu. Mereka menjadi sangat tertarik dengan materi pelajaran yang akan disampaikan. Mengajar itu yang penting siswanya gembira dulu. Kalau sudah begitu akan menyenangkan. Siswa-siswa jadi akan menunggu kedatangan guru untuk mengajar. Dan ini membuat pemahaman terhadap materi pelajaran akan sangat baik,” jelas pria yang sudah mengajar di MTsN 2 Jepara sejak 2003 silam.
Selain itu, Susanto juga kerap menyelipkan permainan-permainan sederhana saat berlangsung kegiatan belajar mengajar di kelas. Seperti permainan mengejar dunia sama dengan mengejar bayangan.
”Anak-anak saya suruh memeragakan bagaimana mengejar bayangan. Bagaimana prosesnya. Rasanya bagaimana. Itu salah satu yang saya lakukan saat mengajar. Anak-anak menjadi senang. Dan tentunya tidak ada yang ngantuk menyimak materi yang saya sampaikan,” jelas Susanto. (alb) 

Muhamad Susanto saat berkegiatan di masyarakat

Aktif Ajak Masyarakat Mengaji
Selain mengajar di sekolah. Susanto punya kesibukan lain di luar dunia pendidikan formal tersebut. Dia banyak menghabiskan waktunya untuk membina masyarakat. Terutama di sekitar rumahnya di Desa Keling, Kecamatan Keling. Susanto aktif mengajak masyarakat mengaji selapanan rutin.
Pria yang akrab disapa Pak Sus ini mengasuh pengajian selapanan kitab Sullamut Taufiq, dan juga selapanan salawatan maulid simtudduror. Aktivitas itu dilakukannya sejak 2015 lalu. Awalnya niatan membikin majelis pengajian itu untuk mengakomodir kegiatan anak-anak muda di sekitar rumahnya. Pengajian selapanan itu sendiri dilakukan di rumahnya. Desa Keling Dukuh Bono.
”Awalnya memang niatan saya untuk membuat kegiatan anak-anak muda. Harus ada sesuatu yang bisa diberikan kepada anak-anak muda ini. Supaya anak-anak muda ini memiliki kegiatan yang juga bermanfaat dan menunjang pendidikan karakternya,” kata Susanto.
Saat pertama kali menyelenggarakan selapanan itu, kata Susanto, awalnya diberikan undangan satu persatu. Lama-kelamaan mereka berdatangan sendiri secara rutin ikut pengajian. ”Ya bagi saya hal ini memang sudah menjadi tanggung jawab moral untuk ikut memberikan ilmu yang dimiliki kepada masyarakat sekitar terutama para tetangga,” imbuh pria yang pernah nyantri di pondok pesantren Al Hikmah Mojokerto ini. selain di Al Hikmah, dia juga sempat nyantri di pondok pesantren Mansajul Ulum, dan Ihyaus Sunnah di Pati.
Selain mengasuh pengajian selapanan di sekitar rumahnya, Susanto juga aktif berorganisasi. Di desanya, dia dipercaya sebagai Ketua Tanfidz NU Ranting Keling. Selain itu Susanto juga ikut berorganisasi ruqyah yang juga dinaungi oleh NU.
”Ya ikut memperkenalkan metode pengobatan melalui ruqyah. Pengobatan yang tuntunannya ada di Alquran. Pengobatan yang ada di masa Rasulullah,” kata Susanto. (alb)





Share this

Related Posts

Previous
Next Post »