Peduli Abrasi, Kodim Pati Tanam 1500 Mangrove



Dandim Letkol Arm Arief Darmawan ikut menanam mangrove


PATI - Jajaran Kodim  0718/Pati turut peduli dengan ancaman abrasi, untuk itu mereka terlibat langsung melakukan penanaman bibit mangrov di sepanjang Pantai Desa Margomulyo Kecamatan Tayu Kabupaten Pati Senin (25/3/2019) kemarin. Total ada 1500 bibit yang ditanam prajurit angkatan darat ini.

Penanaman mangrove dengan menggandeng masyarakat dan sejumlah komunitas di Kabupaten Pati itu dipimpin langsung oleh Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan.

"Kegiatan ini kami laksanakan sebagai bagian dari program penghijauan di pesisir pantai yang bertujuan untuk mengantisipasi hal yang tidak kita inginkan. Termasuk mencegah abrasi. Sekaligus mengembalikan ekosistem yang lestari di wilayah pesisir dengan adanya mangrove ," terang Dandim 0718/Pati Letkol Arm Arief Darmawan di sela-sela kegiatan penanaman mangrove.

Menurutnya, Ada 1500 tanaman mangrove yang sudah ditanam. Program penanaman mangrove itu menjadi bagian dari kegiatan rutinitas Kodim. "Program ini dilaksanakan bukan hanya kali ini saja. Namun, ditahun-tahun sebelumnya di beberapa daerah sepanjang pantai wilayah Kabupaten Pati juga sudah pernah ditanami mangrove," imbuh Dandim Arief Darmawan.

Dandim mengaku, terhitung pihaknya sudah lima kali melakukan penanaman mangrove. Namun diakuinya masih ada beberapa yang kurang berhasil. "Berangkat dari pengalaman itu, dalam penanaman kali ini kami tidak akan berhenti di menanam saja. Akan tetapi kami akan pantau pertumbuhannya," jelas Dandim.

Kesadaran ikut menanam mangrove ini dilatari besarnya manfaat hutan mangrove bagi kelangsungan kelestarian wilayah pesisir. "penanaman mangrov dapat mencegah dan mengantisipasi bencana alam abrasi pantai yang terjadi seperti di beberapa daerah dimana sekian lama garis pantai akan terkikis oleh air pantai," kata dandim.

"Kami berharap masyarakat di sekitar pantai tempat kami menanam bisa sama-sama menjaga tanaman mangrove ini, agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik yang tentunya manfaatnya bisa kita rasakan bersama-sama," pungkasnya. (has)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »