Peran Sentral Linmas, Garda Terdepan Sukseskan Keamanan Pemilu 2019





Mendekati Pemilu Presiden dan Legislatif 17 April mendatang, sejumlah pihak mulai mempersiapkan berbagai hal untuk mensukseskan agenda lima tahunan tersebut. Salah satu hal yang menjadi fokus adalah terkait keamanan.

Imam Suroso, Anggota Komisi IX DPR RI saat menghadiri apel Linmas mengatakan, Linmas Kabupaten Pati telah menunjukkan kesiapannya dalam menjaga keamanan pemilu mendatang di masing-masing TPS.

"Melihat peragaan keamanan oleh Linmas tadi, saya yakin mereka akan kerja maksimal. Apa yang mereka peragakan tadi harus dibuktikan juga di lapangan nanti," katanya usai menghadiri apel Satlinmas Jawa Tengah di Alun-alun Pati Rabu (27/3/2019).

Suroso menilai, untuk daerah pemilihan Jawa Tengah tiga, yakni Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan tidak akan ada konflik atau gangguan keamanan. Begitu juga dengan kabupaten lainnya seperti Kudus, Jepara, dan juga Demak.

Nantinya, imbuh Suroso, dalam mengamankan pemilu mendatang, Linmas tidak akan bekerja sendirian melainkan akan dibantu pihak kepolisian dan TNI.

FOTO HUMAS PEMKAB PATI @BennyAriyanto


"Jika memang diperlukan dan situasi mendesak, TNI juga bisa turun tangan untuk pastikan keamanan nanti," pungkasnya.  

Sementara itu, dalam pidatonya, Ganjar Pranowo yang memimpin apel mengatakan bahwa kegiatan itu dilaksanakan di seluruh eks Karesidenan, dan yang di Alun - alun Pati merupakan kegiatan apel Satlinmas yang terakhir.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Satlinmas yang telah memberikan komitmen menjaga keamanan dan kondusifitas di lingkungan masyarakat.

"Saya juga ucapkan terima kasih, kepada seluruh jajaran Satlinmas kabupaten Pati atas kehadiran dan kesiapan untuk turut serta dalam mendukung suksesnya pileg dan pilpres 17 April 2019 nanti," paparnya.

Pihaknya ingin bahwa seluruh jajaran Satlinmas untuk menjunjung tinggi tanggung jawab, demi terjaganya kondusifitas di Jawa Tengah. Catatan sejarah dalam Pemilu dan Pilkada menempatkan Provinsi Jawa Tengah menjadi wilayah percontohan karena berhasil menggelar pesta demokrasi dengan aman, kondusif dan minim gangguan yang berarti.

"Berkat kontribusi seluruh elemen masyarakat, kita berhasil menjadikan Jateng selalu adem ayem, tentrem dan gayeng meskipun atmosfer politik saat ini sedikit memanas. Saya harapkan, dapat terus ikut aktif menjaga iklim kondusifitas yang ada di Jateng pada saat semua tahapan khususnya pileg dan pilpres nanti," himbaunya.

Ganjar melanjutkan, simulasi keamanan terus menerus dilaksanakan. Koordinasi dan komunikasi juga terus intens dilakukan bersama - sama dengan TNI - Polri, agar penyelenggaraan pemilu benar - benar bisa terjaga.

"Dengan begitu ketika terjun di lapangan, sudah tidak gagap dengan apa yang harus dilakukan. Satlinmas juga harus peka terhadap kondisi. Semua yang anda dengarkan, berkaitan dengan hoax, segera anda luruskan. Teman - teman yang menggunakan medsos, pantau itu, redam itu, jangan biarkan hoax bertebaran," pungkasnya. (fmh/has)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »