Pemkab Pati Canangkan Kedai Kopi Tiap Kecamatan









PATI – Trend dunia perkopian Indonesia mulai membaik sejak beberapa tahun terakhir. Banyak pihak, termasuk pemerintah mulai memberikan perhatian serius terhadap pengelolaan kopi mulai dari hulu hingga hilir. Trend positif tersebut bisa dilihat dari budaya "ngopi" yang kian digemari masyarakat dari berbagai kalangan. Implikasi paling nyata dari hal itu adalah perputaran roda perekonomian para petani maupun penjual kopi.

Trend itulah yang ditangkap oleh Pemerintah Kabupaten Pati. Melalui Dinas Pertanian, masyarakat (petani kopi: red) dibimbing secara intensif sebagai upaya mengedukasi petani di Kecamatan Gunungwungkal, (11/4/2019) kemarin. Bimtek tersebut merupakan follow up dari penanganan kopi yang telah berhasil dipanen dalam kurun waktu semusim terakhir.


Latihan meracik kopi

"Hari ini (kemarin, Red) kita fokus pada pengelolaan cafe, coffee shop dengan minimalis yang bisa di kerjakan oleh teman-teman kelompok tani, " jelas Kepala Seksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Pati, Gunawan.

Gunawan mencanangkan program pendirian kedai atau caffe di 21 kecamatan. Rencananya, pihaknya akan bekerja sama dengan organisasi setempat seperti karang taruna untuk membranding kopi pada tiap-tiap kecamatannya. Hal itu bertujuan untuk mendongkrak pasar kopi Pati.

"Khusus kita orientasi kegiatan, yaitu bagaimana membuka peluang pasar dan pekerjaan khususnya di sektor komoditas kopi. Jadi nanti di dua puluh satu kecamatan harapan saya paling tidak punya dua kedai di setiap kecamatan. Dengan demikian bisa membuka peluang pekerjaan untuk empat orang disetiap kedai, " harapnya.

Pameran produk kopi

Untuk sementara, lanjut Gunawan, dinas pertanian hanya memfokuskan kepada kelompok tani. "Untuk tahun depan kita upayakan pada karang taruna yang tidak mempunyai komuditas kopi, untuk membuka kedai sehingga dapat ikut memasarkan produk kopi Pati, " Tandasnya.

Sementara itu Ketua Klaster Kopi Pati, Muttaqin mengatakan bahwa ia siap membantu pelatihan barista, sehingga di Kabupaten Pati mempunyai puluhan bahkan ratusan Barista yang handal.

"Kita Bisa latihan bersama terkait barista kopi. Bagai mana cara membuat kopi vietnam, American coffee dan sebagainya. Sehingga kita punya puluhan barista yang handal, " pungkasnya. (fmh)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »