Tahun Ketiga Bupati Marzuqi Fokus Bangun SDM Jepara





Di tahun ketiga pemerintahannya bersama Wakil Bupati Dian Kristiandi, Bupati Ahmad Marzuqi ingin memfokuskan pembangunan di bidang sumber daya manusia (SDM). Bupati ingin SDM Jepara berdaya saing tinggi.

Pembangunan SDM tersebut sekaligus sebagai optimalisasi pembangunan infrastruktur pariwisata yang telah digalakkan sebelumnya. ”Terkait pembangunan di Jepara, bidang infrastruktur dan pariwisata menjadi program prioritas di tahun kedua (2018)," terang Marzuqi.

"Hadirnya perbaikan infrastruktur ini, menjadi rel mulus bagi pariwisata sebagai lokomotif baru perekonomian di Jepara. Hal ini dapat dilihat dari tingkat kunjungan pariwisata yang berdampak pada Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB). Dari 10,37 persen (2017), meningkat menjadi 12,7 persen (2018). Dengan jumlah total PDRB tahun 2018 sebesar Rp25,8 miliar,” imbuh Bupati Ahmad Marzuqi pertengahan April 2019 ini.

Sedangkan di tahun ketiga (2019), sesuai visi misi memperkuat program sebelumnya, yaitu optimalisasi pembangunan infrastruktur pariwisata oleh pengembangan kualitas SDM.
Prioritas ini, dimaksud untuk memperkuat ekonomi daerah berbasis pengembangan industri pariwisata.

 Pada tahun 2018 telah berhasil menaikkan realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp369,3 miliar atau naik menjadi 105,4 persen dari target anggaran PAD sebesar Rp350,3 miliar. Capaian realisasi ini juga lebih banyak dibanding 2017 sebesar Rp331 miliar. Diharapkan melalui pertumbuhan ekonomi berbasis potensi unggulan daerah seperti sektor pariwisata, membuka peluang pendapatan baru.

Peningkatan PAD ini penting, karena menjadi indikator kemandirian daerah. Anggaran PAD pada APBD penetapan 2019 telah dipatok sebesar Rp359,8 miliar “Semoga realisasinya melebihi target seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Bupati Jepara Ahmad Marzuqi. (alb)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »