Bikin Drama Mudahkan Anak Cerna Pelajaran


Saila Rachmawati



Guru kekinian butuh inovasi. Apalagi mengajar mata pelajaran agama di sekolah umum. Hanya mengandalkan ceramah saja, bisa jadi anak didiknya bosan bahkan bisa ditinggal bolos pelajaran.

Salah satu cara yang cukup ampuh adalah dengan menggunakan drama. Seperti yang dilakukan Saila Rachmawati, guru pendidikan agama Islam (PAI) di SMP N 1 Pati. Salah satu inovasi pembelajarannya adalah dengan menggunakan drama-drama ringan.

Melalui drama, anak lebih mudah faham dengan apa yang dimaksud dalam pembelajaran. ”Ya inovasi pembelajaran saja. Dengan drama, secara tidak langsung anak-anak akan diberi tayangan yang bisa membantu pemahaman mereka. Dari pada dijelaskan langsung, anak-anak lebih tertarik dengan sebuah tayangan. Misalnya melalui drama yang mereka lihat,” jelas perempuan alumni S1 Pendidikan Agama Islam IAIN Kudus ini.

Drama yang digunakan Saila cukup simpel saja. Kelas dibagi menjadi tiga kelompok. Tiap kelompok membikin drama dengan tema berbeda. Tema itu diambil dari materi pelajaran. Seperti empati, atau hormat kepada orang tua dan guru.

Setelah drama itu, lanjut Saila, nanti ada tugas individu. Diantaranya menyimpulkan makna yang terkandung, dan apa kaitannya dengan materi yang sedang dipelajari di buku panduan.

Cara mengajar itu sejalan dengan Kurikulum 2013 atau K13 yang menempatkan guru bukan lagi pusat pembelajaran. Melainkan hanya fasilitator. Dan siswa sendiri harus lebih banyak mengaktifkan pembelajaran

”Jadi, saya secara umum mengkombinasikan metode pembelajaran yang tidak membosankan bagi siswa,” imbuh perempuan yang juga alumni MA Raudlatul Ulum Pati ini.

Lebih lanjut, sebagai guru di tengah tantangan zaman serba digital seperti ini, inovasi dalam pembelajaran diakuinya wajib dilakukan. Guru memang ditantang untuk menghadirkan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan menyenangkan.

”Anak sekarang beda dengan dulu. Akses informasi yang mudah, membuat kita harus pandai mengkreasikan kemudahan itu untuk mendukung pembelajaran,” pungkasnya. (ars)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »