Versi Pesona Indonesia, Inilah Top 10 Wisata Jepara, Sayang Desa Tempur tak Masuk



Salah satu spot wisata di Karimunjawa 


Pesona Indonesia merilis daftar wisata-wisata terbaik di tiap kabupaten/kota seluruh Indonesia. Rilis itu menjadi bagian dari Pesona Mudik 2019. Lalu di Jepara wisata apa saja yang patut dikunjungi?

Urutan pertama adalah Kepulauan Karimunjawa. Pesona wisata pantai di Karimunjawa memang tiada duanya. Wisata di kecamatan terluar Kabupaten Jepara itu bahkan gaungnya sudah sampai mancanegara.

Pesona pantai pasir putih yang bersih tentu membuat siapa saja bakal kepincut mengunjungi pulau tersebut. Cocok sekali untuk menghilangkan penat orang-orang urban.

Di urutan kedua ada Pantai Tirta Samudra. Orang mengenalnya sebagai Pantai Bandengan. Pantai ini cukup legendaris. RA Kartini dan saudarinya sangat suka dengan pantai ini. Bahkan, oleh seorang Belanda, pantai ini disebut mirip pantai di negeri kincir angin. Namanya  Klein Scheveningen.

Di urutan ketiga, wisata pantai masih menjadi obyek wisata recomended. Adalah Pantai Kartini. Pantai yang identik dengan patut Kura-kura raksasa ini masih menjadi daya tarik wisata yang luar biasa.

Top 10 Destinasi Jepara
Di urutan keempat wisata pantai masih unggul. Adalah Pantai Benteng Portugis yang berada di wilayah utara Jepara. Pantai yang berbatasan dengan wilayah Pati ini memiliki nilai sejarah yang tinggi. Selain sisi sejarah, dan tempat yang indah, aroma mistis di pantai ini masih sangat kental. Banyak kisah-kisah menarik dari tempat tersebut.

Posisi kelima, wisata alam Air Terjun Songgolangit di Kecamatan Kembang itu menjadi rekomendasi liburan di masa mudik ini.  Alam yang masih asri dengan air terjun yang meluncur deras akan menjadi spot hiburan menarik.

Sementara itu di urutan keenam Sentra Industri Tenun Troso juga direkomendasikan sebagai wisata seni dan budaya lokal. Menyusul di urutan keenam ada wisata Sentra Seni Ukir dan Patung Desa Mulyoharjo yang melegenda itu. Desa yang disebut RA Kartini sebagai daerah belakang gunung itu, konon disebut mendapat titisan dari seorang seniman Majapahir bernama Prabangkara yang ahli ukir. Alat ukirnya jatuh di desa itu, jadilah keahlian mengukir orang Mulyoharjo terbilang luar biasa.

Desa Tempur Jepara 
Setelah Mulyoharjo, ada wisata Museum Kartini, Jepara Ourland Park, dan wisata religi Makam Sultan Hadirin di Mantingan. Sayang wisata alam seperti Desa Wisata tempur tak masuk rekomendasi wisata ala Pesona Mudik 2019. (alb)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »