Pemuda Lintas Agama di Jepara Bagikan Masker ke Peserta Takbir Keliling




JEPARA – Anak-anak muda di Desa Tunahan Kecamatan Keling, Jepara ini patut dicontoh. Dua jempol pantas untuk mereka. Hal itu karena saat berlangsung kegiatan takbir keliling, mereka membagikan ratusan masker penutup hidung kepada para peserta. Anak-anak muda itu berasal dari lintas agama. Ada Budha, Kristen, dan tentu saja Islam.

Pantas saja, aksi itu lantas mengundang decak kagum masyarakat yang hadir menyaksikan takbir keliling. Total ada sekitar 600 buah masker yang dibagikan secara Cuma-Cuma. Anak-anak muda lintas agama itu tergabung dalam Komunitas Pemuda Congger Kencono. ”Kegiatan bagi-bagi masker ini dalam rangka menjalin kerukunan, toleransi, persaudaraan dan persatuan para pemuda serta masyarakat di Desa Tunahan, khususnya di Dukuh Congger, Karagan, dan Karong,” kata Aris Puput S, ketua komunitas pemuda tersebut.

Dengan adanya kegiatan bagi-bagi masker ini, kata Puput, bertujuan agar masyarakat yang mengikuti takbir keliling terlindungi dari asap kendaraan bermotor, yang bisa mengganggu pernapasan dan kesehatannya.

Lebih lanjut, Puput berharap, kegiatan itu bisa menjadi inspirasi di tengah masyarakat. Dimana momen lebaran di malam takbiran seharusnya menjadi ajang suka cita meraih kemenangan. ”Tahun depan kami ingin ada kegiatan yang membikin sejuk suasana seperti membagikan masker ini. Semoga ditiru pemuda-pemuda di desa lain supaya di malam takbiran lebih sejuk dengan suasana berbagi kepada sesama,” terangnya.

Di Desa Tunahan sendiri, terutama di Dukuh Karagan, Karong, dan Congger, takbir keliling berlangsung cukup meriah. Masing-masing kontingen dari masjid dan mushola menampilkan kreasi terbaiknya seperti membuat replika burung, masjid, bedug dan lainnya.

Takbir keliling mengambil rute dari Dukuh Karong Bodean, Desa Gelang, Dukuh Karong Pete, Dukuh Congger, Dukuh Tunahan, Dukuh Unda’an kemudian berakhir di Balai Desa Tunahan. Kegiatan takbir keliling itu sendiri dimotori oleh Pimpinan Ranting NU Tunahan 2. (alb)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »