Kiai Said : Kemauan Kuat Harus Dimiliki PC NU Pati







Pelantikan PC NU Pati 2019-2024


Pelantikan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama’ (PCNU) Kabupaten Pati, masa khidmat 2019-2024 dilakukan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama’ (PBNU) KH Said Aqil Siradj, Minggu (7/7/2019) di kampus Institut Pesantren Mathaliul Falah (Ipmafa) Margoyoso, Pati.

Hadir juga dalam acara pelantikan tersebut, Bupati Haryanto dan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jateng, KH. Moh Muzamil.

Tak lupa, usai melantik jajaran pengurus, Kiai Said memberikan sejumlah wejangan kepada para pengurus yang akan mengawal NU dalam lima tahun mendatang itu.    

”Menjadi generasi penerus NU, harus benar-benar ulet dan telaten. Terutama unsur pimpinan. Selain itu, NU di Pati juga harus mempunyai himmah (kemauan kuat) yang besar,” kata kiai yang dua periode memimpin rumah besar Islam ahlusunnah wal jamaah ini.

”Sebesar apapun problem yang dihadapi, kalau kita punya himmah yang kuat, pasti peroblem itu akan terselesaikan. Tetapi kalau pemimpinnya tidak punya himmah yang kuat, problem sekecil apapun, pasti akan menjadi besar,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Kiai Said menganalogikan wejangannya itu dengan Gunung Muria. Apabila berada di atas gunung tersebut, katanya, maka gunung itu akan berada di bawah kaki sendiri.

KH Said Aqil Siradj

Tetapi sebaliknya, kalau hanya melihatnya dari jauh, maka gunung itu nampak sangat besar. Begitu juga dengan masalah yang sedang di depan mata. Semuanya bergantung dengan manusia, dari mana dia memandang. Apabila mempunyai himmah yang kuat, segala masalah akan mudah diselesaikan.

”Dengan adanya kepengurusan yang baru ini, NU Pati harus mempu menunjukkan eksistensinya di masyarakat. Dalam segala bidang,” jelas kiai yang suka ceplas-ceplos ini.

Kiai Said juga berpesan, agar peran agama harus dipegang oleh ahlu sunnah wal jamaah, yaitu organisasi NU.  Agama harus mampu menjaga spirit ruhaniyah sehingga tidak hanya label saja.

”Disinilah pentingnya kita berorganisasi. Semoga dengan adanya pelantikan ini, pengurus NU Pati mampu mengemban amanah dengan baik,” terang Kiai Said.

Rais Suriyah PC NU Pati KH Aniq Muhammadun dalam sambutannya mengatakan, NU didirikan oleh para ulama adalah sebagai wadah perjuangan islam. Sehingga, patut sekiranya generasi penerus bisa berkhidmah kepada NU.

”Itu tidak lain adalah untuk membimbing dan melindungi aqidah ahlusunnah wal jamaah,” ungkapnya.

Lebih lanjut, dengan adanya pelantikan tersebut, diharapkan juga para pengurus lebih solid dan kuat dalam menjaga serta mengembanhkan NU.

Apalagi, saat ini banyak kelompok-kelompok yang mengatasnamakan ahlusunnah, tetapi tidak disertai dengan jamaah. Mereka bergerak dengan sangat massif.

”Dengan adanya pelantikan ini, kita harus lebih hati-hati. Dan ingat, NU selain untuk membentengi aqidah juga berperan untuk amar ma'ruf hani munkar,” tegas kiai yang juga pengasuh di Pondok Pesantren Manba’ul Ulum Pakis, Tayu. (alb)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »