Pejabat Jepara Lahirkan 40 Karya Inovasi, Aplikasi Sisingo Jadi yang Terbaik





JEPARA – Sebanyak 40 pejabat struktural eselon IV di Kabupaten Jepara, berhasil menyelesaikan pendidikan dan pelatihan kepemimpinan (diklatpim) tingkat IV. Dari kegiatan itu lahir 40 karya inovasi untuk pelayanan publik. Salah satunya Aplikasi Sisingo.

 Asisten Sekda Bidang Pemerintahan, Abdul Syukur mengungkapkan, dari kegiatan diklatpim itu nantinya ada perubahan di instansi masing-masing. Guna mewujudkan tata kelola pemerintah yang lebih baik.

”Akan ada pengawasan. Kalau lambat agar bisa didorong, jika butuh dana maka diberikan untuk bisa mengeksekusi karya inovasi atau proper yang telah disusun,” terangnya saat melepas tanda peserta di Gedung Shima Jumat (5/7/2019). Menandai berakhirnya kegiatan diklatpim tersebut.

Lebih lanjut, kata Abdul Syukur, salah satu karya inovasi peserta diklatpim yang cukup baik adalah aplikasi Sisingo. Bahkan aplikasi tersebut diakui menjadi terobosan terbaik pada Diklatpim IV angkatan VIII. Inovasi Sisingo merupakan akronim dari “Siji Siji Songo (119)” karya Abdul Qorib dari Dinas Kesehatan.

Proper ini, terang Abdul Qorib, sebagai upaya efektif dalam penanganan kedaruratan. Aplikasi tersebut juga terintegrasi sepanjang waktu dengan pusat layanan atau Public Safty Center (PSC) Jepara. Sehingga masyarkat dapat secara cepat, tepat dan cermat mendapatkan layanan gawat darurat.

“Masyarakat dapat mudah mengakses layanan Sisingo, cukup memiliki aplikasi Sisingo Jepara yang telah diunduh dan dipasang dalam gawainya,” tutur Abdul Qorib.

Seperti diketahui, diklatim tingkat IV angkatan VIII ini merupakan hasil kemitraan antara Pemkab Jepara dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Tengat. Kegiatan tersebut berlangsung selama empat bulan.

Diklatpim IV tersebut dilaksanakan dalam rangka mewujudkan ASN yang kompeten, baik kompetensi teknis, manajerial maupun kepemimpinan. Pada peserta angkatan VIII ini, telah menghasilkan sebanyak 40 karya inovasi atau proyek perubahan (proper) bagi instansi masing-masing. Atas puluhan proyek perubahan yang dihasilkan itu seluruh peserta diklat dinyatakan lulus. (alb)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »