Perpustakaan Desa Tulakan Masuk Enam Besar Nasional



Tim dewan juri nasional

Perpustakaan Kucica Desa Tulakan, Donorojo berhasil masuk jajaran enam besar lomba perpustakaan klaster A tingkat nasional. Tahap selanjutnya, tim dewan juri bakal melakukan uji lapangan. Untuk melihat peran perpustakaan tersebut untuk masyarakat desa.

Tim dewan juri nasional, Supriyanto mengucapkan selamat atas masuknya perpustakaan Kucica ke dalam jajaran enam besar lomba nasional. ”Masih ada beberapa pedoman atau unsur utama dalam komponen penyelenggaraan dasar perpustakaan, pertama koleksi  printed, recorder, dan online  dari perpustakaan. Kedua pelayanan dari perpustakaan tersebut, ketiga tenaga pustakawan. Dan keempat, sarana dan prasarana yang dimiliki. Itu yang harus diperhatikan,” terangnya.

“Terakhir juga anggaran, apakah perpustakaan tersebut mempunyai anggaran yang cukup dan berkelanjutan atau tidak,” kata dia. Hal itu menjadi penilaian dari tim dewan juri.

Selain komponen tersebut, terdapat juga komponen penguat diantaranya adalah membangun sebuah inovasi untuk perpustakaan, serta kelembagaan. Selain itu juga kepedulian dari pemerintah daerah dan masyarakat. (ars)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »