Romantisme NU dan Muhamadiyah di Jepara, Komitmen Kesatuan Bangsa



Berjabat tangan NU dan Muhamadiyah


Laku dua ormas Islam terbesar di Indonesia, NU dan Muhamadiyah di Kabupaten Jepara patut ditiru. Tiap tahun keduanya selalu menggelar halalbihalal bersama. Sabtu (6/7/2019). Tahun ini kedua ormas itu bahkan meneguhkan persatuan dan kesatuan bangsa dalam tema kegiatan.

Tema besarnya adalah merajut kembali persatuan dan kesatuan bangsa, dalam menjaga keutuhan NKRI. Sangat tepat digaungkan usai tensi tinggi perang pilpres dan pileg April 2019 lalu, dengan segala dinamika yang membelah anak bangsa menjadi dua kubu. Yang saling meruncing.

Kegiatan halalbihalal kedua ormas tersebut dihadiri ribuan kadernya. Plt Bupati Jepara, Dian Kristiandi bersama Forkopimda juga tak absen. Semua larut dalam kegembiraan sebagai anak bangsa.   

Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi pun memberikan apresiasi  setinggi-tingginya kepada NU dan  Muhammadiyah Kabupaten Jepara, atas pelaksanaan kegiatan ini. “Ini merupakan kontribusi yang luar biasa, untuk kemajuan proses pembangunan di Kabupaten Jepara,” katanya di sela-sela acara.

Andi menambahkan, dalam kurun waktu 73 tahun setelah kemerdekaan, perjalanan bangsa mengalami pasang surut. “Akhir-akhir ini, sering kali kita digerogoti dengan gerakan-gerakan yang mencoba memecah belah negeri ini, dan alhamdulilah, kita masih diberi kekuatan oleh Allah SWT. Pemerintah bersama organisasi masyarakat, NU dan Muhammadiyah selama ini mampu mengatasi itu semua. Kekompakan ini harus terus dijaga,” kata Andi.

Ketua PDM Jepara KH. Fatkhurrozi mengatakan, tujuan dari halalbihalal yang dirintis bersama itu, walaupun ada perbedaan karakter, tetapi harus ada taaruf (saling mengenal, saling mengerti). ”Sebuah organisasi punya karakter sendiri-sendiri, kita rajut dengan cara yang terbaik. Insyaalah akan jadi sebuah kekuatan,” katanya.

“Kalau sudah taaruf, kita harus ketingkatan yang lebih tinggi lagi, tafahum (saling memahami), selanjutnya ta’awun (saling menolong),” tambahnya.

Sementara itu, Rais Syuriyah PCNU Jepara KH. Ubaidillah Nur Umar mengatakan, “Untuk halalbihalal ini, saya minta tolong, mari kita kuatkan. Semoga NU dan Muhammadiyah selalu berdampingan seperti ini untuk membangun bangsa lebih baik lagi,” harapnya. (alb)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »