Unjuk Gigi Potensi Jepara, Tenun Troso Pecahkan Rekor Muri



Pemecahan rekor Muri Tenun Troso


JEPARA - Lapangan Datuk Ampel Desa Troso, Kecamatan Pecangaan dipadati ribuan orang pada Sabtu (13/7/2019). Di akhir pekan itu, Desa Troso punya hajat besar. Unjuk gigi potensi mereka melalui pemecahan rekor Muri penenun tradisional terbanyak.

Pemecahan rekor dunia Museum Rekor Indonesia (Muri) itu dalam kategori penenun tradisional terbanyak, dengan menggunakan alat tenun bukan mesin. Pemecahan rekor ini mengalahkan rekor yang telah dipegang Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Yang mencatat 1.110 penenun pada 2017 lalu.

Sementara penenun di Troso, Jepara ini mencatatkan rekor dengan 1.408 penenun. Sebelumnya ditargetkan ada 1.500 penenun.

Panitia kegiatan, Abdul Jalil mengungkapkan, proses pemecahan rekor baru ini dilakukan dalam 44 putara. Tiap putara ada sebanyak 32 penenun yang menggarap kain tenun. ”Ajang ini juga merupakan upaya unjuk gigi kepada masyarakat luas. Tentang kemampuan produksi Tenun Troso. Sekaligus meneguhkan diri Desa Troso memiliki tradisi menenun yang kuat,” terangnya.

 Tenun Troso, kata Abdul Jalil sudah berkembang sejak lama. Jauh sebelum kemerdekaan Indonesia. Di Troso sendiri ada 282 unit usaha tenun. Yang menyerap 6000 tenaga kerja. Pangsa pasar tenun ini banyak di wilayah Indonesia Timur. Seperti Bali, NTT, dan juga Lombok. Tiap pekan, 5000 meter kain tenun bisa dikirim ke pelanggan.

Manajer Muri, Ariani Siregar mengatakan senang bisa kembali lagi ke Jepara untuk menyaksikan kegiatan spektakuler. Seperti diketahui pada April lalu, Jepara juga membuat pemecahan rekor Muri dalam kategori pengukir terbanyak.  

Melalui pemecahan rekor Muri tersebut, pihaknya berharap akan mampu meningkatkan kembali kesadaran produktivitas Tenun Troso di Jepara

”Saat ini produktivitas terbatas, lantaran jumlah penenun berkurang, dengan kegiatan ini harapannya tentu penenun bisa lebih banyak lagi dan bisa semakin produktif lagi,” ungkapnya. (alb)



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »