Pilih Ketua OSIS, SMK Negeri 1 Cluwak Gunakan Aplikasi

canggih pemilihan ketua osis melalui aplikasi berbasis android
Proses pemilihan ketua osis melalui aplikasi 



PATI – Langkah maju dilakukan SMK Negeri 1 Cluwak, Pati. Hal itu ditandai dengan penggunaan sebuah aplikasi yang diberi nama “E-Pilkasis”, sebagai sarana mencoblos calon ketua osis secara online.

Aplikasi tersebut berbasis android. Berbeda dengan pemilihan ketua osis pada tahun sebelumnya, yang menggunakan sistem pencoblosan secara manual. Pada tahun ini, pemilihan ketua Osis periode 2019-2020 itu menggunakan sistem elektronik dan memanfaatkan internet.

Tidak butuh waktu lama, hanya dengan  satu sampai tiga menit saja, para siswa bisa memilih calon pemimpinnya. Pemilihan diawali dengan cek nama siswa di tiap kelas, dengan membubuhkan tanda tangan sebagai tanda telah mengikuti. Para siswa diarahkan untuk masuk ke bilik komputer untuk menggunakan hak pilihnya.

"Lalu siswa mencelupkan jarinya ke tinta sebagai tanda sudah memilih," terang Aris Budiyono, Kepala SMKN 1 Cluwak.

Setiap suara yang masuk kedalam gawai, langsung terhubung pada laptop server yang secara instan menunjukkan hasil perhitungan suara dalam bentuk tabulasi presentase, diagram, grafik maupun angka secara otomatis.

"Dengan penggunaan E-Pilkasis ini, siswa juga senang karena ringkas. Tidak perlu menghitung manual suara sah. Semua suara masuk sah," sebut Aris.

Pihaknya menjelaskan, dengan diterapkannya E-Pilkasis ini merupakan upaya pihak sekolah guna melatih siswa memilih secara Luber dan Jurdil sesuai pilihan masing-masing.

“Kita mencoba untuk memulai E-Pilkasis. Ternyata jauh lebih ringkas dan irit biaya. Dan mengajari literasi teknologi secara tidak langsung kepada warga sekolah,” ungkapnya.

Yang tidak kalah menarik katanya dalam pelaksanaan Pilkasis ini, siswa yang tidak memiliki tugas di luar, yakni praktik magang di beberapa perusahaan, tidak perlu repot-repot untuk datang ke sekolah dalam menyuarakan hak pilihnya.

"Siswa yang lagi magang di luar, dengan penerapan E-Pilkasis ini, bisa juga ikut memilih tanpa perlu meninggalkan tugasnya. Karena mereka bisa memilih lewat android. Di mana, dari pihak panitia mengirimkan nomor pasword untuk mengakses, kemudian tinggal memilih calon sesuai hati nurani," paparnya. (fmh)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »