Di Pantai Bondo, 24 Jam Tempat Asyik Ngapain Aja (1)


pantai bondo menjadi salah satu spot menarik wisata di jepara
Seru-seruan 
Lautnya tenang. Warnanya kebiruan. Cerah. Pasirnya putih bersih. Enak dipandang. Siang-siang apalagi pagi dan sore hari. Pantai Bondo berada di Desa Bondo Kecamatan Bangsri. Dari pusat Kota Jepara jaraknya sekitar 13 kilometer.

Aksesnya mudah. Bangjo pertigaan sebelum Pasar Mlonggo masuk. Jalannya mulus beraspal. Ikuti saja. Pantai ini belum terlalu ramai. Hanya di waktu-waktu tertentu. Hari Minggu dan waktu liburan saja. Sore hari pun juga tak ramai-ramai amat. Berbeda dengan pantai Jepara lainnya yang telah tersohor. Pantai Bandengan misalnya.

Pantai Bondo sekarang mulai berbenah. Dipoles sana-sini. Kata seorang teman, pantai ini dulu (Red, sebelum dikembangkan dengan adanya kafe-kafe) lebih identik sebagai tempat begituan. Masih banyak semak-semaknya. Sekarang lihat sendiri.

kita bisa menggelar kegiatan apa saja di sini bersama teman kita
Santuy bersama
Pantai ini dikelola oleh Pokdarwis desa setempat. Pantai ini termasuk unik. Karena pantai ini menjadi halaman belakang rumah warga setempat.

Berwisata di sini cukup murah. Hari-hari biasa tak dikenai karcis masuk lokasi wisata. Karcis berlaku hanya untuk hari libur saja. Rp 2500 hingga Rp 5 ribu. Tentu sangat murah dibanding obyek wisata pantai lainnya yang sampai Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu.

Di tempat ini, pengunjung tentu saja bisa menikmati pemandangan lautan dengan hamparan pasir putihnya. Pemandangan tambahan juga ada. Lalu lalang perahu nelayan mencari ikan. Juga kapal-kapal tongkang yang memuat batu bara menuju ke PLTU Tanjung Jati B. Letaknya di utara pantai ini.

***
Bermain pasir. Berenang di laut yang tenang dan dangkal. Asik sekali. Lautnya memang benar-benar tenang. Karena itu, pantai ini juga disebut Pantai Ombak Mati.

Pantai ini agak ramai saat sore hari. Kebanyakan wisatawan lokal. Ada yang berolahraga volley pantai. Mencari kerang di pasir, momong anak dan keponakannya. Hingga para pemburu senja yang ingin mengabadikan dalam bentuk gambar dan video.

Pantai Bondo buka hingga 24 jam. Pantai sepanjang dua kilometer ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk kegiatan semacam camping. Hampir tiap akhir pekan, tempat ini menjadi pilihan menghabiskan waktu menikmati alam di pantai ini dengan berkemah.

Di pantai ini juga pengunjung bisa menikmati serunya bermain dayung kano. Salah satu kafe menyediakan fasilitas ini. Seperti di Omah Laut. Satu jam Rp 25 ribu. Kalau dua jam Rp 30 ribu. Lumayan jadi alternatif hiburan. Terutama bagi para newbie yang tak pernah mendayung.

kafe ini menawarkan spot menarik menikmati pantai bondo
Spot menarik 

Sekali lagi, meminjam istilah orang-orang Betawi, di pantai ini pengunjung bisa asyik ngapain aja. Camping, maen laying-layang, olahraga, ngopi, nyenja, berenang, main dayung kano, api unggun, bakar-bakar ikan. Bulan madu pun bisa. Di pantai ini sudah banyak tersedia homestay. Tinggil pilih. Homestay ala rumahan. Atau cottage. (arf)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »