200 Pendekar Pencak Dor di Kudus



Aksi salah satu pendekar dalam sebuah tarung bebas atau Pencak Dor di Kudus 

KUDUS
– Minggu pagi (5/1/2020) di Lapangan Merdeka, Wergu Kota, masyarakat Kudus berjubel. Mereka antusias ingin melihat Pencak Dor atau tarung bebas para pesilat. Pendekat silat datang dari berbagai daerah.

Total ada 200 pendekar pencak silat yang ambil bagian. Dari Kudus diwakili pendekar silat Pagar Nusa. Selebihnya ada dari perguruan silat Kera Sakti, PSHT, Persinas ASAD, Gasmi, hingga Lindu Aji.

Para peserta datang dari Pati, Semarang, hingga daerah Jawa Timur. Seperti Nganjuk, Bojonegoro, Ngawi, Kediri dan Surabaya.

Panitia penyelenggara even Pencak Dor, Joni Prabowo mengungkapkan, kegiatan yang digelar pada pekan pertama Januari 2020 ini, adalah yang pertama kalinya di Kota Kretek. ‘’Namun menurut Ketua PCNU Kudus, H. Asyrofi, dulu sekitar tahun 1990-an, sempat ada Pencak Dor, namun sifatnya semacam eksibisi. Saat itu dihadiri Gus Maksum, yang sekaligus melantik Pagar Nusa Kudus di Muallimat,” lanjutnya.

Penyelenggaraan Pencak Dor ini, kata Joni Prabowo menjadi wadah silaturahim antarpendekar silat, khususnya pendekar silat dari NU. ‘’Ini sekaligus sebagai upaya merawat tradisi Pencak Silat, yang merupakan beladiri asli Indonesia,’’ ujarnya. (arf)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »