Hari Kartini 2020 : Pameran Benda Bersejarah Pahlawan Emansipasi



Foto RA Kartini dan sekolah yang didirikannya

JEPARA
– Bulan April nanti, komunitas Rumah Kartini menggelar pameran bertajuk “Kartini di Mata Jepara”. Semua barang-barang bersejarah yang terkait dengan sang pahlawan emansipasi itu akan dipajang di Pendapa Kartini pada 23-24 April.

Ada 300-an data yang telah terkumpul. Salah satu pendiri Rumah Kartini, Apeep Qimo mengungkapkan, Jepara merupakan kota dengan cerita menarik tentang Kartini, sayangnya sampai saat ini masih sedikit yang mau melakukan penelitian atau mengemasnya dengan sungguh-sungguh.

Lebih lanjut dirinya menambahkan, Kartini adalah simbol yang telah menjadi branding sepanjang waktu. Berbagai data yang terkumpul menunjukkan Kartini telah membawa berbagai pelajaran, seperti emansipasi, biologi, seni, religi, serta kuliner.

Persiapan acara pameran oleh Komunitas Rumah Kartini
Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko menyambut gembira rencana yang akan dilakukan oleh komunitas Rumah Kartini. Dalam menjaga, serta merawat benda-benda bersejarah yang berhubungan dengan Kartini.

“Kemajuan Jepara tidak hanya pada orang Jepara saja, Kartini sudah menjadi milik Indonesia. Terkait rencana pameran yang akan diselenggarakan nanti, mudah-mudahan dapat membangkitkan semangat dalam meneruskan perjuangan Kartini,” ungkapnya.

Seperti diketahui, napak tilas peninggalan R.A. Kartini di Kabupaten Jepara, bukan pekerjaan mudah. Berbagai cara ditempuh demi mengangkat serta mengenang perjuangan R.A. Kartini sebagai pahlawan emansipasi. Termasuk kegiatan pameran benda bersejarah tentang putrid Jepara yang harum namanya itu. (ars)


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »