Penuhi Target Kemsos RI, Sebanyak 1.671 Keluarga Bakal Jadi KPM Baru di Kudus




KUDUS – Sebanyak 1.671 keluarga bakal menjadi anggota baru Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Februari 2020. Hal ini menggenapi target 10 juta PKH. Semantara ini Kecamatan Kota Kudus menjadi yang pertama dalam pendistribusian kartu keluarga sejahtera (KKS-PKH).

Pendistribusian tersebut berlangsung di Aula Kantor Camat Kota Kudus, Kamis (06/02/2020). Sebanyak 145 keluarga telah resmi menjadi KPM baru dan menerima kartu yang bisa digunakan untuk mengambil uang tunai, bantuan beras dan telur.

Koordinator Kabupaten PKH Habib Rifa'i menjelaskan jumlah 1.671 itu mencakup se-Kabupaten Kudus. Disesuaikan dengan pemenuhan target 10 juta penerima manfaat PKH dari Kementerian Sosial RI. Sementara ini yang sudah diserahkan baru 145 di Kecamatan Kota. Nantinya mulai tanggal 10-13 Februari 2020 menyusul penyerahan untuk kecamatan lain.

Ia menambahkan, secara teknis tim PKH Kudus menerima data calon KPM dari Kementerian Sosial RI, kemudian data tersebut dilakukan validasi ke lapangan pada 2019 lalu. "Setelah validasi itu selesai, keluarga yang dianggap layak menerima bantuan akan menjadi anggota KPM PKH baru pada 2020 ini," jelasnya.

Ia kemudian berharap program ini bisa tepat sasaran. Sebab, sesuai tujuannya, program PKH ini adalah bukti hadirnya pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan kesejahteraan."Untuk itu, bagi yang merasa sudah mampu dan masih terdata diharap bisa legowo mundur dari keanggotaan KPM PKH, supaya bisa digantikan oleh keluarga lain yang memang layak menerimanya," kata pria asal Grobogan, Jawa Tengah itu.

Sementara itu, Camat Kota Kudus, Endah Pramudyawati, SH memberi arahan agar bantuan berupa uang itu nantinya bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan primer. Utamanya untuk biaya pendidikan, kesehatan ibu hamil dan Anak Usia Dini (AUD), pendampingan untuk lanjut usia (lansia) dan disabilitas berat.

"Jangan dibuat untuk hal-hal yang tidak bermanfaat. Karena ini sudah disesuaikan dengan beban yang dimiliki oleh penerima," katanya didampingi kasi Kesra Kecamatan Kota, Dra. Suryanti.

Usai memberi pengarahan, Endah menyerahkan secara simbolis Kartu Keluarga Sejahtera (KKS-PKH) kepada salah satu penerima. Kegiatan dilanjutkan oleh BNI 46 Cabang Kudus dan pendamping PKH untuk pendistribusian kartu keluarga sejahtera (KKS-PKH).

Adapun jadwal penyerahan untuk kecamatan lainnya yakni, 10 Februari 2020 (Jekulo dan Mejobo), 11 Februari 2020 (Undaan dan Jati), 12 Februari 2020 (Bae dan Kaliwungu), 13 Februari 2020 (Gebog dan Dawe). (ars)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »