Pakai Dana Desa Atasi Darurat Virus Korona

jepara.go.id



Pemerintah desa dapat mengalokasikan sebagian dana desanya untuk mendukung langkah pencegahan persebaran virus corona. Realokasi anggaran itu sudah ada petunjuk teknisnya. Hal itu disampaikan langsung Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi belum lama ini.

”Dana desa dapat direalokasi untuk itu. Pemerintah desa dapat mengalokasikan sebagian dana desanya. Termasuk pemberian sembako bagi warga miskin terdampak. Sudah ada petunjuknya, jadi bisa dilakukan pergeseran di DD dan ADD-nya,” jelas pria yang akrab disapa Andi ini.

Seperti diketahui, imbauan pemerintah pusat untuk tidak mudik ke kampung halaman nyatanya tidak banyak yang diindahkan. Ribuan orang sudah tercatat melakukan perjalanan ke tempat masing-masing. Mereka pulang dari daerah-daerah zona merah. Seperti Jabodetabek. Praktis para perantau yang nekat pulang itu langsung saja berstatus orang dalam pemantauan (ODP). Di sini daerah-daerah pelosok tentu akan menjadi sangat rawan.

Pemerintah daerah pun ketiban tugas berat untuk melakukan penanganan ODP itu. Belum nanti masalah kesehatannya. Apalagi kesiapan fasilitas kesehatan di daerah-daerah juga masih tanda Tanya.

 Mulai dari pemerintah kabupaten, kecamatan, hingga tingkat desa. Mereka harus bekerja keras mencegah persebaran virus corona. Ini tentu bukan pekerjaan mudah. Perlu anggaran serta kecerdasan menentukan bagi para pemerintah yang ada di bawah itu.

Lebih lanjut pihaknya ingin satgas-satgas pencegahan persebaran virus korna di tingkat desa bisa lebih gencar lagi melakukan sosialisasi kepada warganya. Media-media komunikasi yang ada di desa dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk melakukan edukasi.

”Semua media komunikasi harus diefektifkan. Termasuk menggunakan pengeras suara yang ada di tempat peribadatan bisa digunakan,” terang Andi. (ars)  

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »