Batik Tulis Bakaran yang Menawan



Seorang model mengenakan busana batik tulis bakaran


Kabupaten Pati juga memiliki batik tulis yang khas, pesonanya tak kalah dengan batik-batik dari daerah lain di Indonesia. Namanya batik tulis bakaran. Nama batik ini merujuk satu daerah yang menjadi pusat pengrajin batik ini.

Kurang lengkap kalau bergaya belum mengenakan batik tulis bakaran. Pusat pengrajin batik ini berada di Desa Bakaran Kulon dan Bakaran Wetan, di Kecamatan Juwana. Kurang lebih ada ratusan pengrajin batik di dua desa tersebut. Dari pengrajin kecil hingga pengrajin besar.

Batik tulis bakaran memiliki ratusan motif, dari yang klasik sampai yang kontemporer. Gambarnya bermacam-macam, dan terus berkembang.

Ciri khas batik bakaran dilihat dari motif pecahan atau remekan. Terinspirasi dari wilayah Bakaran, yang merupakan daerah tambak, dimana tanahnya pecah-pecah, sebelum ditaburi benih ikan.

Pasar batik tulis bakaran tak pernah sepi, tiap bulannya, satu pengrajin bisa menyelesaikan 300 hingga 1.000 potong kain pesanan.



Batik tulis bakaran tidak hanya digemari warga lokal Pati, batik ini juga digemari warga luar kota. Tidak jarang pesanan juga datang dari instansi-instansi luar kota tersebut.

Perkembangan batik tulis bakaran begitu pesat, sejumlah kegiatan pameran, baik di tingkat lokal, maupun nasional, sedikit banyak telah mendongkrak pemasaran batik ini.

Busana batik telah memberi warna tersendiri, bagi khazanah mode di tanah air, batik,  termasuk batik tulis bakaran telah mampu memenuhi gaya busana manusia modern sekarang ini. (arf)





Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »