Kelapa Kopyor Pati Permata Hijau di Pekarangan Rumah




dukuhseti menjadi daerah penghasil kelapa kopyor terbesar di pati
Sebuah kebun kelapa kopyor di Dukuhseti Pati
Mampir ke Pati tak lengkap jika belum mencicipi kelapa kopyor. Apalagi diminum langsung di bawah pohonnya. Kesegaran kelapa kopyor bisa naik dua kali lipat. Coba saja. 

Semua orang sudah pasti mengenal buah kelapa. Kalau kelapa kopyor, tahukah anda. Kelapa kopyor merupakan buah kelapa yang memiliki kelainan genetic. Ciri kelainan ini adalah daging buahnya yang empuk, dan terlepas dari tempurungnya, jumlah airnya pun sedikit.
Tanaman kelapa kopyor tumbuh subur di wilayah pesisir utara Kabupaten Pati. Mulai dari Kecamatan Margoyoso, Tayu, hingga Dukuhseti. Sepanjang jalan di desa-desa tersebut, kita akan disuguhi pemandangan pohon kelapa yang tumbuh di pekarangan rumah.

Kabupaten Pati menjadi surganya kelapa kopyor. Tiap bulan ribuan biji kelapa kopyor dikirim untuk memenuhi kebutuhan pasar luar kota, seperti Jakarta, Bandung, hingga ke Denpasar Bali.

Kopyor dari Kabupaten Pati dinilai cukup istimewa. Karena itu permintaannya selalu tinggi, konsumen mengaku lebih senang produk kopyor dari Pati.

potensi kelapa kopyor dari dukuhseti kabupaten pati sangat besar
Kopyor dari Pati sangat digemari

Di Kabupaten Pati ada sekitar belasan pedagang kelapa kopyor, yang menjual ke pasar luar kota. Mereka rata-rata mendapatkan kopyor dari para tukang totok alias pemanjat kelapa,tukang totok berkeliling dari satu tempat ke tempat lain, untuk mencari buah kelapa kopyor.

Kelapa kopyor bagi sebagian masyarakat Pati, telah menjadi sumber penghasilan yang lumayan, selain bertani di sawah.

Harga satu butirnya, berkisar antara 30 hingga 50 ribu. Kelapa kopyor sendiri tidak mengenal musim, hampir setiap hari ada saja buahnya. Pohonnya sendiri bisa produktif hingga puluhan tahun, sebuah sumber penghidupan yang menjanjikan. (hus)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »