Damainya Pantai Lemah Abang di Jepara Utara (1)

Pantai Lemah Abang memang tak sepopuler Pantai Bondo atau Bandengan. Pantai ini sedikit tersembunyi. Lokasinya di Desa Balong Kecamatan Kembang. Dari pusat Kota Jepara jaraknya 30 kilometer. Sebuah pantai indah yang masih sunyi dan asri.  

Ardian Firda Maulida berjalan agak cepat. Mahasiswi sebuah perguruan tinggi di Kudus itu naik ke sebuah tebing yang menghadap langsung laut Pantai Lemah Abang. Firda sapaan akrabnya, tidak sendiri. Dia datang ke Pantai Lemah Abang bersama sejumlah temannya.

Firda baru pertama kali datang ke pantai itu. Pantai yang dulu direncanakan sebagai tapak PLTN pertama di Indonesia itu. Firda menyebut, Pantai Lemah Abang terbilang unik. Karena  pantainya berbeda dari yang lain. Pada umumnya pantai di Jepara terkenal dengan pantai berpasir putih.

 Namun, di pantai ini pasirnya ada yang warna hitam bahkan ada pasir yang berwarna kemerah-merahan bercampur dengan tanah. Selain berpasir, pantai ini juga berkarang. Mirip seperti Pantai Benteng Portugis di Desa Banyumanis Kecamatan Donorojo. Air laut di pantai ini cukup bersih.

Keunikan lainnya, pantai ini juga bertebing. Hampir mirip dengan pantai-pantai di Gunung Kidul Yogyakarta. ”Ada tebing-tebingnya juga. Nah yang unik itu tebing yang berwarna kemerah-hitaman. Serta gundukan tanah yang menyerupai punuk sapi.”   

Pantai ini patut menjadi salah satu rekomendasi tempat berlibur yang menyenangkan. Meskipun perlu perjuangan untuk mencapai pantai ini. Sebab akses menuju pantai ini harus melintasi kebun karet yang luas dengan jalanan masih berupa tanah. Jadi, tidak disarankan untuk datang kesana saat musim hujan.

Namun perjuangan itu akan dibayar mahal dengan apa yang akan pengunjung dapatkan. Sesampai di pantai itu, pengunjung akan langsung disuguhi hamparan air laut yang berwarna biru cerah, dengan ombak yang tenang khas Laut Jawa.

Pantai ini sudah komplet sebagai destinasi wisata. Sejumlah fasilitas sudah dipenuhi pengelola. Mulai dari toilet, hingga gazebo-gazebo untuk tempat bersantai. Selain itu, sudah ada beberapa warung-warung yang menjual makanan. Pengunjung tak perlu takut kelaparan.

Akses menuju pantai ini cukup mudah. Dari Kota Jepara, nanti ada pertigaan (tidak jauh dari Kantor Kecamatan Kembang) yang ada tulisannya “Petilasang Syeh Siti Jenar Balong”. Tinggal mengikuti saja jalan menuju Desa Balong. Setelah itu nanti melewati hutan karet yang rindang.  Perjalanan jadi makin seru. Sebelum keseruan memuncak di pantai yang sunyi dan asri itu. 

Teks = Hasan 

Foto = adam9aluh

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »