Kampung Budaya Piji Wetan Raih Penghargaan dari Kemendikbud



Kegiatan rebbana di Kampung Budaya Piji Wetan 


KUDUS – Senyum mengembang dari bibir Muhammad Zaini. Salah seorang inisiator Kampung Budaya Piji Wetan (KBPW) itu baru saja menerima kabar. Kerja kerasnya bersama masyarakat Piji Wetan diganjar penghargaan.

Tidak main-main. Dapat dua penghargaan sekaligus. Kampung Budaya Piji Wetan menjadi pemenang kedua kategori naskah terbaik dan masuk daftar 30 peserta terbaik dari 486 desa yang mendaftar dalam Lomba Cerita Budaya Desaku tingkat Nasional yang digagas Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Muhammad Zaini, merasa bersyukur bisa meraih penghargaan tersebut. Menurutnya, capaian ini merupakan anugerah sekaligus amanah untuk melanjutkan kerja budaya bersama masyarakat Piji Wetan, Desa Lau, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus.

“Tentu senang, tapi juga berat, karena ke depan kita harus lebih semangat dalam merawat kampung budaya yang kita usung ini,” ujar Zaini di rumahnya, Senin (05/10/20).

Kendati demikian, ia tetap yakin kampung budaya ini bisa maju dan berkembang bermodalkan semangat guyub rukun warga Piji Wetan. Saat ini, kata dia, warga secara gotong royong tengah menyiapkan kegiatan peluncuran kampung budaya. Mulai dari tata rias lokasi (makeup area), pentas seni tradisi, gelaran budaya, dan juga pasar ampiran.

“Rencananya ini akan kami adakan kegiatan peluncuran kampung budaya dengan tetap memerhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19,” jelas Wakil Ketua Lesbumi Kudus ini.

Sebagai informasi, konsep KBPW ini mengusung ajaran Tapangeli dan Pager Mangkuk Sunan Muria. Keduanya merupakan nilai dan laku filosofis yang dianut oleh masyarakat kaki gunung Muria dan sekitarnya. Salah satu penerapan nilainya yakni dengan gemar bersedekah, gemar menolong antarsesama dan tetap guyub rukun meski berbeda-beda.

Sementara itu, Kepala Desa Lau H. Rawuh Hadiyanto mengaku bangga dan mengapresiasi keberhasilan warganya tersebut. Ia juga mengajak kepada seluruh elemen agar bisa mencontoh semangat warga Piji Wetan dalam memajukan desa.

“Alhamdulillah, bisa menjadi yang terbaik se-Indonesia, semoga bisa dicontoh yang lainnya, untuk sama-sama membangun dan memajukan Desa Lau tercinta,” sebutnya. (yan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »